Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin Irban 4

Wali Kota Kendari Sukses Launching Penyaluran Bansos Program Sembako Kemensos RI

Sahabat IKK, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir, SE, ME membuka acara Launching Penyaluran Bansos Program Sembako Kemensos RI, Minggu (20/02/22), sekaligus penyerahan secara simbolis yang disaksikan oleh Inspektorat dan Dinas Sosial beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kota Kendari diantaranya Polres Kendari, Kodim 1417 Kendari, dan BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Perlu diketahui bahwa Kementerian Sosial RI berupaya mempercepat penyaluran dana bantuan program sembako kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagai tindaklanjut dari arahan Presiden melalui rapat terbatas perihal Percepatan Penyaluran Bansos Program Sembako Tahun 2022 dengan menggandeng PT Pos Indonesia.

Kepala Kantor Cabang Utama PT Pos Indonesia wilayah Kendari, Wildan Hamdani menyampaikan bahwa program saat ini adalah program bantuan sembako yang penyalurannya dilakukan serentak di seluruh wilayah indonesia dan dilakukan tiga bulan sekaligus, yaitu Januari, Februari dan Maret.

“Dari 49.098 KPM se Provinsi Sultra, Kota Kendari sendiri memperoleh kuota sebanyak 5.791 KPM. Sejumlah 5.791 KPM di Kota Kendari tersebut dijadwalkan akan dibayarkan dalam 4 hari, sampai dengan hari Rabu, tanggal 23 Februari 2022 (Hari ini, Red.), ”Ungkapnya.

Sementara itu PT Pos Indonesia juga menjelaskan Program Bantuan Sembako bukan lagi disebut Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) karena saat ini bantuan diberikan secara tunai bukan non tunai.

“Program Bantuan Sembako Tahap I Tahun 2022 ini diberikan dalam bentuk tunai sebesar Rp 600.000 per KPM yang merupakan gabungan dari 3 bulan yakni Januari, Februari, Maret masing-masing sebesar Rp. 200.000,- per bulan, yang ditransfer oleh Kemensos ke rekening pusat PT Pos Indonesia, dan selanjutnya akan dipindahbukukan ke rekening kantor pos seluruh indonesia secara bertahap sesuai permintaan atau jadwal bayar tiap kantor, ”Jelasnya.

Selain itu penyaluran Bansos ini tidak hanya dilakukan pembayaran melalui komunitas terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat, namun juga dilakukan pengantaran secara door to door bagi KPM Disabilitas serta pembayaran melalui Kantor Pos setempat. Untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tidak hadir pada jadwal pembayaran, tetap diberikan waktu untuk melakukan pengambilan dengan loket terpisah.

Pendistribusian Bansos ini sendiri melalui aplikasi PGC (Pos Giro Cash), dimana para juru bayar Pos Indonesia melakukan validasi penerima (KPM) dengan metode foto menggunakan face recognition atau biometrik yang aplikasinya terkoneksi dengan Dinas Dukcapil, kemudian dilakukan geo tagging dari lokasi rumah, dan memotret rumah KPM guna meningkatkan akurasi penyaluran bansos.

Diakhir acara, PT Pos indonesia menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Unsur Forkopimda dan khususnya kepada mitra kerja PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Kendari yang telah bersinergi mensukseskan penyaluran bansos ini.

“Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Kendari dalam hal ini Dinas Sosial Kota Kendari yang telah banyak membantu dalam penyelenggaraan launching, juga membantu mengkoordinasikan dengan jajaran kecamatan dan kelurahan untuk mengarahkan warga penerima bantuan sehingga bisa hadir dalam penyaluran bantuan sosial ini,’’ Tutupnya.