Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Irban III

Wali Kota Kendari Ingatkan Masyarakat Untuk Antisipasi Kemungkinan Bencana

Sahabat IKK, Bertempat di Kantor Kelurahan Nambo, Kamis, 7 April 2022 Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K, S.E., M.E. memberikan bantuan kepada korban bencana alam akibat cuaca ekstrim yang terjadi beberapa waktu lalu untuk wilayah Kecamatan Nambo, Abeli, Poasia dan Kambu. Penerima bantuan korban bencana alam tersebut telah melalui proses assessment dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Reviu Inspektorat dan verifikasi administrasi keuangan oleh BKAD (Badan Keuangan dan Aset Daerah).

Proses assessment oleh BPBD dilakukan untuk menilai kerusakan dan kerugian akibat bencana, perencanaan kebutuhan, penetapan prioritas, serta kelengkapan dan validitas data usulan, sementara proses reviu inspektorat dilakukan untuk menilai dan memastikan hasil assessment yang dilakukan oleh BPBD telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, standar, rencana, atau norma yang telah ditetapkan dan juga memberikan keyakinan terbatas mengenai keandalan dan keabsahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga dapat meningkatkan kualitas pemantauan dan evaluasi.

Dalam laporan yang disampaikan Kepala Pelaksana BPBD, Paminuddin SE, M.Si, Musibah bencana alam cuaca ekstrim mengakibatkan kerusakan tempat tinggal sebanyak 165 Rumah dan 2 orang meninggal dunia. Penyerahan kepada 101 korban yang tersebar di 4 Kecamatan dilaksanakan di Kelurahan Nambo berupa bantuan keuangan yang diberikan secara non tunai melalui transfer ke rekening penerima, besarannya sesuai kerusakan tempat tinggal terdampak bencana tersebut.

Wali Kota Kendari dalam sambutannya mengatakan “Pemerintah Kota Kendari terus berkomitmen akan berupaya semaksimal mungkin selalu hadir di tengah-tengah Bapak/Ibu (Masyarakat), tidak hanya menunggu bencana tetapi untuk selalu mengingatkan dari ancaman bencana, harus selalu siap-siaga”

Kemudian disampaikan Wali Kota, “kalau kita bersikap yang benar, kalau kita bertindak yang benar maka bencana akan minim dampaknya”, mengingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa antisipatif terhadap kemungkinan terjadinya bencana.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BKAD Hj. Fauziah A. Rachman S.E., M.Si, Kasatpol PP Samsu Alam, S.STP, M.Si , Irban Wilayah III Ratriyansyah P.H, S.STP, M.Si mewakili Inspektur, Kabag. Protokol Maman Firmansyah, S.STP, M.M, Para Camat dan Lurah di 4 wilayah Kecamatan (Nambo, Abeli, Poasia dan Kambu) terdampak bencana alam akibat cuaca ekstrim tersebut. (Ra-3)