Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : admin_irves

UPP Kota Kendari Edukasi Masyarakat Terkait Saber Pungli dan New Laika Melalui RT dan RW pada Kelurahan Anduonohu

Sahabat IKK, Kegiatan sosialisasi yang rutin dilakukan tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Kendari kali ini menyasar RT dan RW pada Kelurahan Anduonohu, Rabu (23/3/2022).

Kegiatan sosialisasi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya pungli di kalangan ASN dan masyarakat tersebut, hari ini dilakukan kepada 37 RT dan 11 RW sebagai wakil masyarakat yang ada di Kelurahan Anduonohu.

Kompol Alwi, S.Ag., selaku Ketua UPP Kota Kendari yang menyempatkan hadir pada kegiatan tersebut, menekankan bahwa tindakan pungli lebih berkaitan dengan moral.

Alwi juga mengatakan, sanksi yang akan diterima oleh pelaku tidak akan menjadi efek jera jika mentalitas pelaku tidak mau berubah. Alwi juga berharap, dengan adanya sosialisasi aparat tidak masuk ke dalam indikator pungli tetapi lebih memberi edukasi kepada masyarakat yang tidak ingin mengikuti prosedur.

Orang nomor satu dalam dalam struktur UPP ini juga mengapresiasi Kota Kendari yang telah melakukan sosialisasi sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) hingga ke masyarakat serta upaya yang dilakukan dalam mencegah pungli dengan aplikasi New Laika.

Sementara itu AIPTU La Ode Rufani yang mewakili Pokja Penindakan memberikan pemahaman kepada RT dan RW terkait pungli.

“Pungli adalah pengenaan biaya atau pungutan di tempat yang seharusnya tidak ada biaya dikenakan atau dipungut di lokasi atau pada kegiatan tersebut,” ujarnya.

Rufani juga menyampaikan bahwa sosialisasi dilakukan pada tingkat atas hingga ke bawah dalam rangka pencegahan. Namun, jika pencegahan yang dilakukan dianggap tidak mampu maka akan ditingkatkan ke penindakan.

Selain itu, Rufani juga mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Kendari dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih melalui kegiatan sosialisasi dan aplikasi New Laika.

Ditempat yang sama, Irban Investigasi Mulyadi M., S.T., M.Si., yang membawakan materi gratifikasi mengajak RT dan RW untuk mencegah pungli maupun gratifikasi yang dimulai dari diri sendiri dengan tidak memberikan sesuatu kepada petugas dan melapor jika ada yang dilihat menyimpang dari prosedur.

Camat Poasia yang hadir pada kegiatan tersebut berharap, apa yang didapat oleh RT dan RW dalam kegiatan tersebut, dapat diinformasikan kepada masyarakat yang ada wilayah masing-masing.

RT dan RW yang hadir turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Salah satu RT menyampaikan, upaya pemerintah seperti ini kami apresiasi karena memang perlu masyarakat untuk selalu diingatkan dan diberikan pengetahuan.

Diketahui, turut hadir pada kegiatan tersebut Kapolsek Poasia dan Lurah Anduonohu.