Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : admin_irves

UPP Cegah Pungli Melalui Sosialisasi Saber Pungli dan Pengenalan New Laika

Sahabat IKK, Sosialisasi sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) hari ini dilaksanaka di Kelurahan Mandonga, Kamis (24/3/2022).

Sosialisasi yang ditujukan kepada 27 RT dan 8 RW yang ada di Kelurahan Mandonga ini dipimpin oleh Wakapolres Kota Kendari Alwi, S.Ag., selaku Ketua Unit Pemberantasan Pungli (UPP).

Alwi mengatakan, penting untuk berkompromi terhadap tiga kondisi yaitu diri sendiri, keluarga dan lingkungan kerja. Lebih jauh Alwi menjelaskan, bagaimana kita menjaga diri dari hal-hal yang dapat merugikan dan tidak memaksakan diri jika belum mampu.

Adanya dorongan dari keluarga juga bisa mendorong seseorang melakukan pungli. Oleh karenanya, penting untuk selalu memberikan pengertian kepada keluarga terkait pekerjaan yang dilakukan. Selain kedua hal tersebut, Alwi mengatakan, lingkungan kerja yang tidak sehat juga dapat mendorong tindakan pungli.

Dengan adanya hal-hal tersebut, Alwi berharap kedepan ada revolusi mental yang dapat dimulai dari diri sendiri.

Alwi juga mengapresiasi aplikasi New Laika yang merupakan inovasi dari Bapak Wali Kota Kendari. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat serta memutus pelayanan diluar prosedur dan penerimaan diluar ketentuan.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan dari tataran atas ke bawah ini, diharapkan masyarakat dapat memahami apa itu pungli dan aparat dapat membenahi sarana prasarana.

Mulyadi M., S.T., M.Si selaku Irban Investigasi dan Pokja Pencegahan dalam struktur UPP mengatakan, apa yang didapat RT dan RW dalam kegiatan sosialisasi ini, juga dapat disampaikan kepada warga di wilayah masing-masing agar kedepannya warga Kota Kendari yang berurusan di Kecamatan maupun Kelurahan tidak lagi tatap muka tetapi melalui aplikasi.

Lebih lanjut Mulyadi mengatakan, dengan tidak adanya tatap muka maka semakin berkurang kemungkinan terjadinya pungli.

Kepala Bidang e-Gov pada Dinas Kominfo Wawan Astanto yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menjelaskan terkait manfaat adanya aplikasi New Laika.

Wawan mengapresiasi Kelurahan Mandonga yang menjadi urutan kedua dalam penerapan aplikasi New Laika kepada masyarakat. Hal ini dilihat dari jumlah surat elektronik yang dihasilkan Kelurahan Mandonga kurang lebih 700 surat sejak aplikasi New Laika diluncurkan.

Sejalan dengan Irban Investigasi, Camat Mandonga yang hadir dalam kegiatan tersebut berharap RT dan RW yang hadir dapat lebih luas lagi melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Mengingat kegiatan sosialisasi bertujuan untuk mencegah terjadinya pungutan liar.