Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : admin_irves

UPP Cegah Pungli dengan Aplikasi New Laika

Sahabat IKK, Pencegahan pungutan liar (Pungli) terus dilakukan tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Kendari. Berbagai cara dilakukan mulai dari sosialisasi hingga membuat sistem antipungli yaitu New Laika.

Aplikasi New Laika merupakan inovasi dari Bapak Wali Kota Kendari, yang mengharapkan masyarakat tidak lagi merasa sulit dalam melakukan pengurusan administrasi kependudukan.

Selain itu, dengan aplikasi New Laika, aktivitas ekonomi dan pengurusan administrasi kependudukan dapat berjalan bersama-sama tanpa harus meninggalkan salah satunya.

Kegiatan sosialisasi dan pengenalan aplikasi New Laika kepada RT dan RW digelar di Kelurahan Kadia, Selasa (29/03/2022).

Mulyadi M., S.T., M.Si., selaku Pokja Pencegahan mengatakan, sosialisasi saber pungli erat kaitannya dengan penerapan aplikasi New Laika.

Dengan adanya aplikasi New Laika, masyarakat dapat melakukan pengurusan administrasi tanpa harus tatap muka dengan petugas. Hal ini tentu dapat menutup celah-celah terjadinya pungli.

Pada kesempatan tersebut, Mulyadi menyampaikan kepada RT dan RW yang hadir untuk berkomitmen tidak melakukan suap, pungli dan gratifikasi, serta  bersedia mengajak warga agar tidak memberi dalam bentuk apapun kepada petugas atas pelayanan yang diterima.

Mulyadi juga menyampaikan, fungsi dari masing-masing fitur yang ada di aplikasi New Laika agar masyarakat lebih paham dalam menggunakannya.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, pejabat fungsional PPUPD Muda, Hermawansyah, S.E., menyampaikan,  kegiatan ini dapat memberikan pemahaman terkait apa saja yang dapat dan tidak dapat dilakukan berkaitan dengan pungutan.

Lebih lanjut Hermawansyah mengatakan, pungli bukan masalah berapa lama hukuman yang akan diterima dan berapa denda yang harus dibayar, tetapi pungli lebih kepada moralitas kita sebagai manusia.

Sementara itu, Lurah Kadia mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh tim UPP Kota Kendari. Beliau menyampaikan, sosialisasi dapat memberi pemahaman kepada RT dan RW terkait pungli.

Diketahui, Kelurahan Kadia masuk dalam sepuluh besar kelurahan yang dalam pelayanannnya aktif menggunakan aplikasi New Laika.