Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin

Tingkatkan kedisiplinan ASN Kota Kendari, Inspektur sidak OPD

Sahabat IKK - Menindaklanjuti hasil evaluasi  Sekretaris Daerah pada rapat koordinasi rutin pada tanggal 23 Agustus 2021 terkait kedisiplinan Pegawai, Inspektur Kota Kendari sebagai Koordinator Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) melakukan pemantauan di beberapa OPD Rabu (25/8/2021).

Inspeksi mendadak (sidak) dilakukan untuk mengetahui secara langsung kondisi kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil berdasarkan Peraturan Pemerintah No.  53 tahun 2010 dan implementasi  Perwali No. 23 tahun 2021 tentang Perubahan Perwali No. 75 tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian TPPNS di lingkup Pemerintah Kota Kendari.

Sidak ke OPD bertujuan untuk memastikan pelaksanaan presensi  (pengecekan daftar hadir), disiplin masuk dan pulang kerja, dan disiplin mentaati Jam kerja serta aspek kedisiplinan lainnya sekaligus menggali permasalahan pengunaan absen online menggunakan barcode. Disamping itu oleh Inspektur sekaligus dijadikan ajang untuk sosialisasi penggunaan aplikasi Jari dan e-Proksi  serta sarana untuk memberikan pemahaman berkaitan dengan integritas  ASN dan pelayanan kepada masyarakat.

Hasil pelaksanaan sidak kedisiplinan pegawai di 3 OPD yaitu Dinas Kebakaran, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, dan Dinas Kependudukan dan Capil  terdapat beberapa permasalahan yaitu Pertama masih terdapat ASN yang barcode absensi tidak dilakukan secara mandiri, tetapi di wakilkan oleh ASN lainnya, yang kedua admin atau petugas absensi hanya dilakukan oleh satu orang, dan ketiga pengendalian dan pengawasan terhadap kehadiran belum dilakukan secara berjenjang oleh pejabat struktural.

Terhadap permasalahan tersebut Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin SE, Ak, MSA menjelaskan “Kepada OPD agar memastikan absensi menggunakan barcode dilakukan secara mandiri oleh masing-masing ASN dengan memanfaatkan kemudahan teknologi melalui HP atau barcode absensi yang tertera pada ID Card (Tanda Pengenal) ASN, kemudian admin absensi di tugaskan kepada beberapa orang untuk antisipasi terhadap kendala teknis maupun non teknis, serta pengendalian dan pengawasan harus secara rutin dan juga berjenjang di struktural OPD.”

Kegatan sidak akan terus dilakukan kepada OPD lainnya secara acak untuk meningkatkan kedisiplinan dan integritas ASN yang berdampak langsung terhadap pelayanan kepada masyarakat. (ra3)