Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin

Sosialisasi Hari Ke-2, UPP Kota Kendari Sambangi Kelurahan Korumba

Sahabat IKK, Sosialisasi sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) dan pengenalan aplikasi New Laika yang dilakukan Inspektorat bekerjasama dengan Dinas Kominfo menyasar RT dan RW pada Kelurahan Korumba, Selasa (22/03/22).

AIPTU La Ode Rufani, S.H.,  yang mewakili Pokja Penindakan dalam Unit Pemberantasan Pungli (UPP) mengatakan, kegiatan sosialisasi terus dilakukan hingga ke tingkat paling bawah karena memiliki dampak yang begitu besar terhadap ekonomi masyarakat.

Lebih lanjut Rufani mengapresiasi adanya aplikasi New Laika yang dapat mempermudah warga dalam melakukan pengurusan administrasi kependudukan. Rufani mengatakan, dengan adanya aplikasi New Laika dapat mengurangi ruang dan menutup keran dari segala pelayanan yang bersifat transaksional sehingga dapat terhindar dari pungli.

Rufani menegaskan, bagi yang melanggar tentu ada dampak hukum dan dampak sosial yang akan diterima. Oleh karenanya, Rufani berharap tidak ada lagi yang melakukan hal-hal yang bersifat korup dalam pelayanan publik.

Sementara itu, Irban Investigasi Mulyadi M., S.T., M.Si., menyampaikan, sosialisasi Saber Pungli dirangkaikan dengan pengenalan aplikasi New Laika sebab kedua hal ini saling berkaitan dalam mencegah terjadinya pungli.

Dengan aplikasi New Laika, maka mengurangi adanya tatap muka yang dapat menimbulkan pungli di masyarakat. Mulyadi berharap, RT dan RW sebagai perpanjangan tangan lurah ke masyarakat dapat menyampaikan hal tersebut.

Wawan Astanto Kepala Bidang e-Government Dinas Kominfo yang juga turut hadir memberikan pemahaman kepada RT dan RW terkait fungsi dan fitur yang ada dalam aplikasi mengatakan New Laika merupakan Program dari Bapak Wali Kota untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan Publik yang bebas dari Suap, Pungli dan Gratifikasi.

"Dengan menggunakan New Laika warga bisa menggurus keperluannya dari rumah tanpa harus datang ke kantor Kelurahan, Kecamatan maupun Disdukcapil. Sistemnyapun sudah memungkinan warga untuk mencetak dokumennya sendiri" Ungkapnya.

Wawan juga menghimbau kepada masyarakat dan jajaran Kelurahan Korumba untuk selalu menggunakan aplikasi New Laika, mengingat pelayanan yang dilakukan Kelurahan ini melalui New Laika sangat rendah yaitu sembilan surat yang diselesaikan. Hal ini tentu tidak sejalan dengan jumlah warga yang ada di Kelurahan Korumba yang diatas 10 ribu.

Ditempat yang sama, Lurah Korumba juga menyampaikan kepada RT dan RW yang hadir untuk menginformasikan kepada warga yang ada di wilayah masing-masing agar memanfaatkan kemudahan yang diberikan aplikasi New Laika guna mendukung program Pemerintah Kota Kendari.

Selain itu, RT dan RW yang hadir mengapresiasi kegiatan tersebut. Bahkan beberapa RT maupun RW baru mengetahui aplikasi New Laika setelah mengikuti kegiatan sosialisasi.