Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin Irban 4

Sambangi Inspektorat, Dinas Pertanian Lakukan Koordinasi dan Konsultasi

Sahabat IKK, Kepala Dinas Pertanian Ir. Hj. ST. Ganef, M.Si beserta jajarannya bertandang ke Inspektorat Kota Kendari guna melakukan koordinasi dan konsultasi terkait teknis pelaksanaan kegiatan di Aula Integritas Inspektorat Kota Kendari, Rabu (19/01/22).

Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, SE, Ak, MSA, CGAA, CGCAE dalam sambutannya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kekompakan jajaran Dinas Pertanian yang hadir dalam rangka optimalisasi pelaksanaan kegiatan di tahun anggaran 2022.

“Kami selaku Aparat Pengawas Intern Pemerintah kota Kendari menyambut baik permintaan koordinasi dan konsultasi persiapan pelaksanaan kegiatan di OPD, seperti halnya Inspektorat yang selalu melakukan persiapan yakni memetakan kegiatan setelahnya melakukan pembahasan bersama kemudian dituangkan dalam program kerja tahunan,"Ungkapnya.

Sejalan dengan kegiatan tersebut Inspektur Kota Kendari juga menyampaikan Program Kerja Pengawasan Tahun 2022 yakni program pengawasan berbasis risiko yang lebih mengedepankan pemeriksaan kinerja OPD pada awal tahun.

“Jika selama ini program kerja pengawasan Inspektorat lebih cenderung berjalan di bagian akhir, maka kami berupaya memperbaiki pola pengawasan tahun ini yang akan kita lakukan yakni pemeriksaan kinerja OPD di bagian awal atau pada tahap perencanaan,"Jelasnya.

Sementara Itu Kepala Dinas Pertanian dalam penyampaiannya mengakui ada beberapa hal yang perlu dikoordinasikan dan dikonsultasikan baik kegiatan tahun 2021 maupun kegiatan tahun 2022 sehingga Dinas Pertanian berinisiatif mengkomunikasikan hal tersebut ke Inspektorat.

“Terkait kegiatan kami misalnya banyak yang berasal dari aspirasi masyarakat terutama di bidang peternakan dan perkebunan, maka dari itu kami perlu Advise atau Pembinaan dalam rangka memitigasi risiko yang dapat timbul di kemudian hari, "Tuturnya.

Di sela-sela kegiatan Inspektur Kota Kendari juga turut memperkenalkan salah satu program unggulan yang berjalan di Inspektorat Kota Kendari yaitu aplikasi berbasis elektronik.

“E-Proksi itu sebenarnya adalah bagian dari upaya kami dalam melaksanakan program pencegahan korupsi, dimulai dari yang sederhana seperti buku tamu, setiap orang yang datang di Inspektorat harus melalui E-Proksi.

Di dalam E-Proksi juga terdapat menu yang memudahkan kita untuk mengurus administrasi secara elektronik seperti Klinik Konsultasi Pengawasan, Surat Keterangan Bebas Temuan, Aduan Publik, Aduan WBS dan lain-lain.

Pada akhir kegiatan, Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Inspektorat Kota Kendari khususnya kepada Inspektur Kota Kendari beserta jajaran Fungsional Irban Wilayah 4 dengan adanya kegiatan ini.

“Melalui kegiatan ini mewakili rekan-rekan dari Dinas Pertanian mengucapkan terima kasih atas ruang dan waktu yang telah diberikan hari ini, Begitu banyak masukan dan saran dari jajaran Inspektorat akan segera kami tindaklanjuti semata-mata demi terlaksananya kegiatan khususnya di dinas pertanian”.

Rangkaian kegiatan kemudian ditutup oleh Inspektur Kota Kendari dengan menarik beberapa kesimpulan.

“Yang paling penting adalah bagaimana kita mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing sehingga di manapun kita berada bisa saling berbagi dan menginspirasi serta selalu berupaya bagaimana meningkatkan kompetensi,"Tutupnya