Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Irban III

Penerapan Manajemen Risiko, Kejaksaan Negeri Kendari dan Inspektorat Kota Kendari “Sharing Knowledge”

Sahabat IKK, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari dan Inspektorat Kota Kendari membangun sinergitas dalam pengelolaan risiko melalui sharing Knowledge Manajemen Risiko. Implementasi pengelolaan risiko di lingkungan instansi Pemerintahan merupakan sebuah tuntutan yang harus dipenuhi oleh setiap organisasi dalam pencapaian target kinerja menghadapi kompleksitas permasalahan internal dan eksternal organisasi.

Irban Wilayah III Ratriyansyah P.H., S.S.T.P., M.Si mewakili Inspektur Kota Kendari menjelaskan “kewajiban pelaksanaan manajemen risiko merupakan implementasi PP No. 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Peraturan tersebut terkait pelaksanaan manajemen risiko dalam pengelolaan organisasi di Kementerian/Lembaga dan di Pemerintah Daerah.”

Tim Manajemen Risiko dari Kejari Kendari dan Inspektorat Kota Kendari telah melakukan beberapa pertemuan sejak tanggal 12 Mei 2022 Di Kantor Kejaksaan Negeri Kendari yang langsung diterima oleh Kepala Kejari Kendari Shirley Sumuan, SH, MH..

Manajemen risiko adalah proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan untuk meningkatkan probabilitas pencapaian tujuan, dan mengurangi dampak merugikan pada suatu kejadian bagi organisasi. Selain itu, manajemen risiko juga berfungsi untuk melakukan pengawalan bagi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi

Implementasi pemetaan risiko dapat mengoptimalkan pengendalian organisasi untuk terlibat secara efektif dalam menghadapi risiko dan meningkatkan sistem pengendalian internal organisasi pemerintahan. (Ra-3)