Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Irban I

Penanganan Inflasi dan Penyerapan Anggaran Kab/Kota se Sultra Dievaluasi

Sahabat IKK, Dalam rangka kunjungan kerja Irjen Kemendagri dan Dirjen bina Keuangan Daerah, Wakil Gubernur Sultra DR. H. Lukman Abunawas, SH.,M.H.,M.Si  memimpin rapat evaluasi penyerapan anggaran dan penanganan inflasi daerah , peserta rapat seluruh Sekda, Inspektorat, Bkad, Bappeda, Bapenda kab/kota se sultra diruang pola gubernur sultra pada hari jumat.

 

Rapat bertujuan untuk memonitoring penanganan inflasi dampak dari kenaikan harga BBM yang berimbas pada kenaikan harga komoditi seperti telur, beras, cabai ,bawang merah, dsb.

"Setiap daerah diharapkan dapat menangani inflasi dengan baik mengidentifikasi komiditi yang signifikan mengalami kenaikan, mengetahui sebab kenaikan dan mencari solusi, sudah saatnya pemerintah dekat dengan masyarakatnya turun kepasar mengecek harga dan ketersedian pasokan, pengecekan dapat dilakukan kapan saja tidak harus menunggu jam kerja dan bansos segera disalurkan" ungkap Tomsi Tohir, Irjen kemendagri".

Penyerapan anggaran kab/kota pun dievaluasi oleh dirjen keuangan daerah, ada beberapa kab/kota yang masih rendah penyerapannya dibawah 40 %, kendala yang disampaikan beberapa daerah adalah keterlambatan melaksanakan tender dan adanya pekerjaan bersumber dari PEN.

"Keterlambatan pelaksanaan tender dapat diantisipasi dengan melakukan tender dini, bulan juli, agustus sudah dapat dilelang, dapat  pula menggunakan e-katalog, serta penggunaan dana PEN jika benar benar dibutuhkan "tutur Agus Fatoni Dirjen Keuda.

Rapat diwarnai dengan tanya jawab melaporkan upaya yang dilakukan, menyampaiakan kendala yang dihadapi kab/kota

"Kota Kendari dalam mengantisipasi kenaikan BBM dengan menghadirkan transportasi pemerintah bagi masyarakat yang pada saat kenaikan harga BBM angkutan umum mogok jalan dan tim TPID telah berkoordinasi dan akan melakukan survey di pasar - pasar wilayah kota Kendari "ungkap Sekda Dr. DRS. Ridwansyah Taridala, M.Si .

Irjen dan dirjen mengucapkan terimakasih atas upaya yang telah dilakukan namun ada beberapa rekomendasi disampaikan kepada seluruh kab/kota yang hadir antara lain berkoordinasi dengan statistik untuk mendapatkan data komoditi yang signifikan penyumbang inflasi, aktif melakukan pengecekan harga dan pasokan di pasar, serta pemerintah prov, kab/kota melakukan rakor di awal tahun, bulan juni, dan awal desember akhir tahun untuk mengevaluasi tingkat serapan anggaran dan mencari solusi atas permasalahan /hambatan yg terjadi didaerahnya.(9/9/22).