Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin Irban 2

Pemerintah Kota Kendari Raih Predikat ‘B’ SAKIP dan Reformasi Birokrasi dari Kemenpan RB

Sahabat IKK,

Pemerintah Kota Kendari meraih predikat ‘B’ atau 'Baik' untuk penilaian atas pelaksanaan sistem akuntabilitas kinerja dan instansi pemerintah, dan pelaksanaan reformasi birokrasi dalam acara ‘SAKIP & RB Award’ penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah provinsi/kabupaten/kota tahun 2021 atas penyelenggaraan tahun 2020. Pemerintah Kota Kendari bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, merupakan daerah di Sulawesi Tenggara yang mampu memperoleh nilai ‘B’, baik untuk penilaian SAKIP dan Reformasi Birokrasi.

Pelaksanaan acara dilakukan secara luring di The Tribrata Opus Grand Ballroom, Jakarta, dan juga secara daring melalui akun youtube ‘RBKunwas’ pada hari Selasa, 5 April 2022 pukul 9-11 WIB, dengan tema “Synergy together! Change for better!” dihadiri oleh Ketua KASN, Kepala ANRI, Ketua Ombudsman RI, Wakil Kepala BKN, Sekretaris Jenderal BPK RI, para bupati/walikota/gubernur yang diundang untuk mengikuti secara luring, yang dibuka sekaligus memberikan arahan oleh Sekretaris Kementerian PAN RB, Rini Widyantini, mewakili Menteri Pendayagunaan Aparatur Pemerintah dan Reformasi Birokrasi.

Sekretaris Kementerian PAN RB dalam sambutannya menyampaikan pentingnya komitmen pemerintah daerah dan lembaga untuk melakukan  transformasi perubahan dan inovasi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui penerapan manajemen kinerja sektor publik dan anggaran berbasis kinerja. Anggaran kinerja haruslah tepat sasaran dan berorientasi hasil, bukan saja sekadar menghabiskan anggaran yang diukur dalam satuan keluaran (output) setiap tahun, namun memberi manfaat (outcome) dan berdampak (impact) pada perbaikan tata kelola pemerintahan daerah dan lembaga.

Penyerahan ini merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi pemerintah yang dilakukan oleh entitas kementerian, pemerintah daerah dan lembaga sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan pelaksanaan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya yang dilaksanakan oleh Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabiltas dan Pengawasan, Kementerian Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Proses evaluasi atas akuntabilitas kinerja dimulai dari tahap penilaian atas capaian akuntabilitas kinerja 31 SKPD termasuk 11 kecamatan lingkup Pemerintah Kota Kendari, oleh tim evaluasi Inspektorat Kota Kendari tahun 2021, dibawah koordinasi tim irban wilayah 2 dan capaian SAKIP Kota Kendari yang disampaikan oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Kendari. Sementara evaluasi akuntabilitas pelaksanaan reformasi birokrasi dilaksanakan pada 15 OPD sampel yang dilakukan tahun 2021 oleh tim irban wilayah 1 bersama Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Kendari.

#kotakendariakuntabel

#kendarisukses