Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : admin_sekretariat

Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Komitmen Perkuat Integritas Internal dan Eksternal dilingkungan Kerjanya

Sahabat IKK, Inspektorat Kota Kendari melalui Tim PIC SPI door to door mensosialisaikan Survei Penilaian Integritas (SPI) pada seluruh populasi baik Internal, eksternal maupun eksper, yang nantinya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memilih responden untuk mengisi kuisioner secara online melalui aplikasi e-SPI.

Berdasarkan surat perintah tugas yang diberikan oleh Inspektur Kota kendari, Syarifuddin, S.E., Ak., M.S.A., CGAA, CGCAE PIC SPI yang dipimpin Sekretaris Inspektorat, Eni Misni Arwati, S.E., M.Si bersama Tim kunjungi Dinas Perhubungan dan Sekretariat Daerah Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kota Kendari, Kamis (07/04/2022)

Sebagaimana kita ketahui bahwa Integritas didefinisikan pula sebagai suatu kepribadian yang dilandasi oleh unsur jujur, berani, bijaksana, dan bertanggung jawab untuk membangun kepercayaan guna memberikan dasar bagi pengambilan keputusan yang andal.

Integritas adalah kata yang sudah tidak asing lagi untuk didengar. Sebagai nilai yang penting, tentunya integritas memegang peran yang besar dalam bekerja

Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), menjalankan tugas yang telah diberikan oleh negara dengan berpegang teguh terhadap integritas merupakan sebuah kewajiban serta mampu memberikan kepercayaan masyarakat atas pemerintah.

Saat ditemui diruang rapatnya, Kepala Dinas Pehubungan Kota Kendari, La ode Abdul Manas Salihin, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa, dalam rangka penilaian integritas ini tentu saja kami akan memberikan data internal pegawai dan pengguna layanan sesuai dengan apa yang menjadi syarat, seperti nomor whatsapp dan email yang berhubungan dengan pelayanan Dinas Perhubungan,” ujarnya.

“Adapun tim kami yang akan terkait nantinya adalah yang berhubungan langsung dengan masyarakat dalam hal ini sebagian besar adalah Unit Pelaksana Teknis Daerah(UPTD). Namun karena hal ini baru bagi kami untuk penilaian integritas dari masyarakat atau eksternal, maka kami perlu mencari kembali data-data masyarakat yang telah berurusan dengan layanan di Dinas Perhubungan,” tegasnya.

“Kami akan upayakan cara agar bisa mendapatkan data-data tersebut. Nantinya tim-tim yang terkait akan berada dibawah koordinasi Sekretaris, Para Kepala Bidang dan dibantu oleh kasubag umum dan kepegawaian,” terangnya.

Harapan kami tentu saja bisa menjadi yang terbaik, namun hasilnya tergantung dari masyarakat, karena masyarakat langsung yang akan di survei dan dijadikan sampel oleh KPK. Sehingga saya rasa penilaian ini akan menjadi penilaian yang objektif

Namun hal ini bagi saya pribadi merupakan satu tantangan, karena kepuasan masyarakat itu tidak dapat diatur. Tidak ada hal lain untuk kepuasan masyarakat selain dari meningkatkan kinerja pelayanan Dinas Perhubungan yang kami laksanakan,”harapannya

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kota Kendari, Hermawaty, S.T., M.T. mengatakan dengan adanya kegiatan sosialisasi SPI ini sangat membantu kami untuk lebih memahami tinggal bagaimana aktualisasinya nanti, kemudian jika ada hal-hal yang ingin kami diskusikan nantinya, akan kami koordinasikan langsung ke inspektorat.” ungkapnya.

Lebih lanjut, Hermawaty menambahkan bahwa data populasi internal pegawai akan kami serahkan secepatnya, kemudian terkait dengan data eksternal atau pengguna layanan, tentu membutuhkan waktu yang lebih untuk melakukan pendataan terlebih dahulu, sesuatu yang baru pasti tidak akan mudah, namun kita akan tetap berusaha dan berupaya untuk melengkapi data tersebut,” jelasnya.