Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin Irban 4

Optimalkan Pengawasan, Inspektorat Reviu Paralel Tim Penyusun LPPD

Sahabat IKK, Tim Reviu Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Inspektorat Kota Kendari melaksanakan Reviu secara paralel bersama Tim Penyusun LPPD Pemerintah Kota Kendari Tahun 2021 di Aula Integritas, Kamis (17/03/22).

Dihadiri oleh Sub Koordinator Otonomi Daerah LPPD Kota Kendari, menyampaikan bahwa kedudukan Bagian Tata Pemerintahan adalah Sekretariat Tim Penyusun Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah setelah menerima Dokumen Pendukung pada masing-masing Indikator pada OPD yang menyelenggarakan Urusan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Kegiatan ini diawali dengan pembahasan bersama dokumen LPPD per Bab dan Subbab. Bab satu memuat Pendahuluan yang berisi penjelasan umum meliputi Undang-undang pembentukan Daerah, Data Geografis Wilayah, Jumlah Penduduk, Jumlah Perangkat Daerah hingga realisasi anggaran. Kemudian pada Subbab perencanaan pembangunan daerah meliputi permasalahan strategis Pemerintah Daerah, visi misi Kepala Daerah, Program pembangunan daerah berdasarkan dokumen perencanaan jangka menengah hingga kegiatan pembangunan daerah berdasarkan dokumen perencanaan tahunan.

Pada Bab dua Capaian Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Tim Reviu kemudian menayangkan Kertas Kerja Hasil Reviu Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dimana terdapat sejumlah tiga puluh dua urusan dalam Indikator Kinerja Kunci penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Inspektur Pembantu Wilayah Empat, Asmini, S.E., M.Kes menyampaikan bahwa ada beberapa indikator yang perlu dikonfirmasi kepada OPD Teknis yang melaksanakan Urusan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

 “Melihat bahwa masing-masing capaian kinerja perlu dibuktikan dengan dokumen pendukung yang disertai dengan validasi oleh Pejabat terkait, “ Jelasnya.

Selain itu dilakukan pembahasan pada Bab tiga mengenai Capaian Kinerja Pelaksanaan Tugas Pembantuan dan Bab empat yakni Penerapan dan pencapaian Standar Pelayanan Minimal. Pencermatan data dukung dilakukan dengan melakukan penelitian mengenai sumber data, akurasi penghitungan dan kebenaran yang meliputi Indikator Kinerja Kunci (IKK) sehingga pada akhirnya Inspektorat melakukan penilaian dan pemberian bobot nilai per bidang urusan pemerintahan dan bobot capaian kinerja IKK Outcome.

Dari hasil reviu ini rencananya akan dilanjutkan Ekspos bersama Sekretaris Daerah Kota Kendari selaku Penanggungjawab LPPD Pemerintah Kota Kendari.