Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : admin_sekretariat

Memeriahkan HUT Kota Kendari Pemkot Kendari Adakan Lomba Mosolori

Sahabat IKK, Mengangkat Tema Kendari Sukses Masyarakat Sejahtera Pemerintah Kota Kendari Mengadakan serangkaian Kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kota Kendari yang ke 191 Tahun. Salah satu kegiatan tersebut adalah Lomba Mosolori yang dilaksanakan pada Ahad, 8 Mei 2022.

Lomba ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kota Kendari dalam upaya mewujudkan penganekaragaman pangan berbasis pangan lokal.

Lomba Mosolori ini diharapkan dapat mengangkat citra pangan lokal khususnya sinonggi untuk Kembali menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Selain itu melalui lomba ini  juga diharapkan dapat menjadi salah satu sarana promosi dan edukasi bagi masyarakat bahwa sinonggi tidak kalah dengan nasi atau pangan asing inpor lainnya dari segi cita rasa dan gizi jika disajikan dan dimakan dengan lauk pauk berupa ikan, daging, ayam, sayur dan lainnya. Sehingga mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi pangan lokal ini menjadi pangan yang sehat, bergizi, bernilai ekonomis tinggi serta berkelanjutan untuk ketahanan pangan masyarakat.

Lomba Mosolori  yang pesertanya adalah  seluruh Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kota Kendari beserta pasangan  (suami/isteri) di gelar Pada Gedung Kantor Walikota Kendari LT.3.

Inspektorat Kota Kendari turut serta dalam lomba tersebut yang diikuti langsung oleh Inspektur Kota Kendari Syarifuddin, S.E., Ak., M.S.A., CGAA, CGCAE beserta Ketua Dharmawanita Persatuan Ibu Yenny Rusbiati, S.E., M.Si.

Inspektur Kota Kendari saat ditemui menyampaikan bahwa Lomba mosolori sebagai kearifan lokal, dan juga bagian melestarikan budaya leluhur suku tolaki. Makanan khas sinonggi ini sangat baik bagi kesehatan dan juga mengandung nilai nilai kebersamaan dan kekeluargaan. Terima kasih kepada panitia HUT Kota Kendari, terkhusus Bapak Walikota, Ibu Wakil Walikota dan Ibu Sekda, yang telah memberikan ruang bagi OPD lingkup Pemerintah Kota Kendari untuk berkreasi mengolah masakan ini untuk dinikmati bersama dalam rangka memeriahkan HUT Kota Kendari ke 191 tandasnya.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Inspektorat Kota Kendari sangat antusias, menurutnya dengan adanya lomba mosolori secara tidak langsung sebagai sarana mempertahankan budaya suku tolaki sebagai salah satu kearifan lokal juga sebagai  promosi pangan yang sehat kepada masyarakat serta sebagai wujud ketahanan pangan dalam rumah tangga yang pada akhirnya memperkokoh pangan daerah bahkan nasional, sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar sesama OPD  selepas hari raya  Idul Fitri,” tuturnya.

Kegiatan lomba mosolori juga diramaikan oleh ASN Inspektorat Kota Kendari.