Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Irban III

Kurangi Risiko Penyimpangan, APIP Laksanakan Probity Audit Program Strategis Kota Kendari

Sahabat IKK– Sebagai bentuk komitmen bersama antara BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Kota Kendari melalui Inspektorat terhadap pengawasan pencapaian program strategis di Kota Kendari, dilaksanakan Probity Audit terhadap Kegiatan yang sumber pendanaannya berasal dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Entry Meeting pelaksanaan Probity Audit dilaksanakan di Aula Integritas Inspektorat Kota Kendari (27/7/2022), dihadiri Koorwas Bidang APD BPKP Perwakilan Sultra, Saul Pabendon dan Tim Pendamping Probity Audit BPKP Perwakilan Sultra serta mewakili Inspektur Kota Kendari, Sekretaris Inspektorat Eni Misni Arwati, SE., M.Si Bersama jajaran Pejabat Struktural dan Fungsional lingkup Inspektorat Kota Kendari, juga dihadiri oleh pejabat Dinas PUPR.

Sinergitas pelaksanaan Probity Audit dijelaskan oleh Sekretaris Inspektorat Eni Misni Arwati “Ada kerjasama antara BPKP dan Inspektorat terkait pengawalan dana PEN dalam proses pelaksanaannya dan itu (Komitmen bersama) sudah ditandatangani antara Pak Inspektur dan Kepala Perwakilan BPKP” Sementara itu, Saul Pabendon dalam arahannya kepada Tim Probity Audit, menjelaskan “Probity audit merupakan proses real time, ada evaluasi, kedalaman, audit. Nanti rekomendasinya bersifat segera, karena sifatnya kita tidak menunggu selesainya audit.”

Dalam Peraturan BPKP RI Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pengawasan Intern Atas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Probity Audit utamanya dilakukan terhadap paket pekerjaan yang bersifat strategis (melibatkan kepentingan masyarakat, merupakan pelayanan dasar masyarakat, dan terkait dengan isu politis). Dalam pelaksanaannya, Probity audit terutama dilakukan bersamaan dengan proses pengadaan barang/jasa atau segera setelah proses pengadaan barang/jasa terjadi (real time audit). Dengan demikian, teknik Probity Audit yang lebih diutamakan adalah peninjauan fisik, observasi atas proses tahapan pengadaan barang/jasa, analisis, konfirmasi, diskusi, dan klarifikasi tanpa mengesampingkan teknik-teknik audit yang lainnya.

Setelah pelaksanaan entry meeting tersebut, Tim BPKP, Inspektorat didampingi pelaksana kegiatan program strategis dari Dinas PUPR melakukan peninjauan lokasi yang menjadi sasaran audit tersebut, yaitu Pembangunan Inner Road dan RSUD Tipe D di Kecamatan Puuwatu, dan juga menjadwalkan peninjauan lokasi Pembangunan Puskesmas Kandai. (Ra-3)