Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : admin_irves

Inspektur Kota Kendari Pimpin Sosialisasi Saber Pungli, Edukasi Kepala TK, Kepala SKB, Pengelola KB dan Pengelola PKBM

Sahabat IKK, Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Kendari, menggelar Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang berlangsung di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora), Selasa (19/10/21).

Kegiatan Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, SE, Ak., MSA selaku Wakil Ketua I UPP Kota Kendari.

Dalam sambutannya, Inspektur Syarifuddin mengatakan, Sosialisasi Saber Pungli yang digelar Tim UPP Kota Kendari adalah sebuah langkah pencegahan dari pungutan-pungutan liar di Kota Kendari.

"Dalam struktur UPP Kota Kendari, Wakapolres bertindak sebagai Ketua, sementara Inspektur sebagai Wakil Ketua. Selain itu terbagi juga beberapa pokja yakni, Pokja Intelijen, Pokja Penindakan, Pokja Yustisi dan Pokja Pencegahan," ungkap Inspektur.

Lebih lanjut Inspektur Kota Kendari menghimbau kepada seluruh Kepala TK, Kepala SKB, Pengelola Kelompok Bermain (KB) dan Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) untuk selalu menanamkan budaya anti Pungli, Suap dan Gratifikasi dimulai pada lingkungan yang lebih kecil.

"Jangan putus tali silaturahim, saya dan teman-teman siap melayani  jika ada sesuatu yang ingin disampaikan atau dipertanyakan," tutupnya.

Sementara Kepala Dinas Dikmudora Kota Kendari, Makmur, mengapresiasi langkah UPP menggelar Sosialisasi Saber Pungli dalam upaya mencegah tindakan pungutan liar di Kota Lulo.

Selain itu, Kepala Dinas Dikmudora juga mengatakan, ada 5 (Lima) nilai karakter dalam dunia pendidikan yang jika ditanamkan dalam diri akan berdampak positif dalam menjalankan tugas yakni, Religius, Nasionalis, Mandiri, Integritas dan Gotong Royong.

"Jika ini kita sudah tanamkan sejak dini, Insya Allah yang namanya Pungli bisa kita hindari," ujarnya.

Sementara Irban Investigasi (Irvest), Mulyadi M, ST., M.Si saat menyampaikan materi Saber Pungli mengatakan, dasar hukum pelaksanaan sosialisasi yang berlangsung tersebut mengacu pada Undang-Undang No.6 tahun 1999 tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Selanjutnya, Perpres No. 87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar dan Keputusan Walikota Kendari No.258 tahun 2021 tentang pembentukan unit pemberantasan pungutan liar lingkup Pemerintah Kota Kendari," ungkapnya.

Lebih lanjut Irves Mulyadi mengatakan, Tim UPP Kota Kendari memiliki tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil satuan tugas dan sarana prasarana, baik yang berada di Kementerian/Lembaga maupun Pemerintahan Daerah.

"Melalui sosialisasi ini Kita berharap, tumbuh nilai - nilai antikorupsi dalam diri kita. Mari jujur, disiplin dan tanggungjawab dalam menjalankan tugas. Jika ketiga hal ini dapat kita terapkan, Insya Allah kita akan amanah," ujarnya.

"Kita juga berharap tidak ada yang terlibat dalam dalam korupsi, pungli dan gratifikasi," tambahnya.

Kegiatan Sosialisasi Saber Pungli diikuti oleh Kepala TK, Kepala SKB, Pengelola KB, Pengelola PKBM, Kepala Dinas, Sekretaris serta Staf Dikmudora Kota Kendari.