Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin Irban 2

Inspektur Kota Kendari Ikuti Pelatihan CGAA BPKP RI

Sahabat IKK,

Dalam rangka peningkatan kapabilitas bagi APIP dalam tata kelola dan pelaporan keuangan pemerintah daerah di seluruh Indonesia, BPKP RI menyelenggarakan diklat Certified Government Accounting Associate (CGAA) yang bekerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dengan anggaran pelaksanaan diklat bersumber dari Star AF BPKP.

Diklat dibuka hari ini, tanggal 3 November 2021 oleh Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Raden Suhartono, SE., M.Ak., yang menyampaikan tujuan pelaksanaan diklat CGAA adalah agar APIP memiliki pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan negara dan daerah yang meliputi penganggaran, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban, serta memiliki kemampuan menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah daerah yang transparan dan akuntabel sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, SE., Ak., MSA, turut mengikuti diklat yang dilaksanakan secara daring dan menjadi bagian dari 25 peserta CGAA batch VIII-APIP dari seluruh Indonesia. Inspektur Kota Kendari menyatakan diklat ini merupakan pilihan lanjutan peningkatan kompetensi APIP dalam pengelolaan keuangan daerah serta tambahan ekspertis keilmuan proses penyusunan laporan keuangan semisal Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) secara memadai. Dengan bekal ilmu ini diharapkan concern dalam penyusunan LKPD makin tinggi dan dapat terus menjaga opini WTP Kota Kendari dalam penyajian dan kegiatan reviu LKPD.

Diklat CGAA dijadwalkan berlangsung secara daring selama 3 hari sejak tanggal 3 sampai dengan tanggal 5 November 2021, dengan materi diklat antara lain:  Hari pertama yaitu Pengelolaan Keuangan Negara, Standar, kebijakan dan Sistem Akuntansi, Akuntansi Pendapatan; Hari kedua yaitu Akuntansi Kas, Akuntansi Persediaan, Akun Aset Tetap dan Aset Lainnya, Akun Investasi, Kewajiban dan Ekuitas; serta materi hari ketiga yaitu Simulasi dan Praktik Penyusunan Laporan Keuangan. Ujian diklat akan dilaksanakan pada tanggal 11 November 2021.

(Sph)