Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin Irban 4

Inspektorat Pantau Penyaluran Bansos di Kecamatan Kendari dan Kecamatan Kendari Barat

Sahabat IKK, Inspektorat Kota Kendari secara berkelanjutan turun ke lapangan guna memantau Penyaluran Bansos Program Sembako Kemensos RI di wilayah Kota Kendari, yang disalurkan oleh PT Pos Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Kendari dan Kecamatan Kendari Barat, Rabu (02/03/22).

Tim Inspektorat kemudian mendatangi lokasi pertama penyaluran bansos yang bertempat di Balai Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat. Adapun kelurahan tersebut masing-masing yaitu Kelurahan Sanua berjumlah 159 orang, Kelurahan Benu-Benua berjumlah 55 orang, Kelurahan Dapu-Dapura sebanyak 55 orang dan Kelurahan Sodohoa berjumlah 119 orang. Warga masyarakat yang datang ke lokasi terpantau sangat antusias meskipun begitu penyaluran bansos berjalan dengan kondusif.

Inspektur Pembantu Wilayah IV, Asmini, SE, M.Kes menerangkan bahwa Inspektorat Kota Kendari melakukan pemantauan langsung di beberapa titik penyaluran Bansos guna memastikan kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar.

“Kami bersama tim yang ikut hari ini memantau proses penyaluran bansos ini hingga benar-benar telah diserahkan oleh Juru Bayar kepada warga penerima bansos, kami harap kegiatannya lancar dan berlangsung dengan baik”.

Sementara itu di lokasi kedua terpantau penyaluran bansos bertempat di Aula Kantor Pemerintah Kecamatan Kendari yang diikuti 3 (Tiga) Kelurahan yaitu Kelurahan Gunung Jati 179 orang, Kelurahan Jati Mekar 157 orang, dan Kelurahan Kandai sebanyak 76 orang. Di lokasi ini beberapa warga dihimbau agar tetap memperhatikan protokol kesehatan, memakai masker meskipun terpantau penjagaan jarak oleh petugas sempat tidak dihiraukan.

Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf yang ditemui di lokasi penyaluran bansos mengatakan perlu adanya kerjasama dari pihak terkait dalam hal ini Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan untuk memfasilitasi proses Penyaluran Bansos.

“Kami Dinas Sosial hanya ikut memfasilitasi penyaluran bansos kemensos ini bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan setelah berkomunikasi dengan pihak PT Pos terkait lokasi penyerahannya” Tuturnya.

Sementara itu di lokasi ketiga Penyaluran Bansos yakni di SDN 54 Kendari terpantau sebanyak 6 (Enam) Kelurahan yaitu Kelurahan Kassilampe, Kelurahan Kendari Caddi, Kelurahan Mangga Dua, Kelurahan Mata, Kelurahan Purirano dan Kelurahan Kampung Salo yang totalnya berjumlah 426 orang.

Adapun di lokasi pemantauan keempat yang bertempat di Balai Kelurahan Watu-Watu Kecamatan Kendari Barat yakni sebanyak 5 (Lima) Kelurahan yang diserahkan secara langsung yaitu Kelurahan Kemaraya 82 orang, Kelurahan Lahundape 53 orang, Kelurahan Punggaloba 115 orang, Kelurahan Tipulu 85 orang dan Kelurahan Watu-Watu sebanyak 84 orang. Pada kelurahan Kemaraya sendiri tercatat sebanyak 2 (Dua) orang penerima yang tidak diserahkan bantuan dengan keterangan meninggal dunia.

Secara keseluruhan hasil Pemantauan Tim Inspektorat dari sejumlah 1.614 penerima bansos di dua kecamatan sebanyak 70 orang belum dilayani pada tahap I ini diantara penyebabnya yaitu ketidakcocokan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dengan Data By Name By Address serta kesalahan nama pada KTP. Dari hasil Konfirmasi dari Pihak PT Pos sendiri menjamin bahwa masalah tersebut masih bisa diatasi dengan Verifikasi dan Validasi lebih lanjut dan yang bersangkutan diarahkan ke Kantor Pos untuk menerima Bansos melalui loket terpisah.