Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin Irban 2

INSPEKTORAT MENDAMPINGI BAPENDA MELAKUKAN PEMERIKSAAN PAJAK HOTEL

Sahabat IKK. Inspektorat Kota Kendari, menugaskan Tim Auditornya untuk melakukan pendampingan atas pelaksanaan Pemeriksaan Laporan Pajak Hotel Tahun 2020 s.d 2021 yang dilakukan oleh Tim Badan Pendapatan Kota Kendari.

Hal ini dimaksudkan untuk melakukan uji kepatuhan atas laporan Wajib Pajak yang telah disampaikan kepada Pemerintah. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Daeng Pasorong, kabid Pengawasan Bapenda, bahwa kegiatan pemeriksaan Pajak ini merupakan kegiatan rutin pada Bapenda dalam rangka memperoleh data omset Wajib Pajak yang akan dibandingkan dengan Jumlah pajak yang telah dibayarkan. Sebagai wajib Pajak diharapkan kerjasamanya dalam rangka peningkatan Pendapatan Daerah sehingga Pengelola Hotel sebagai Wajib Pajak sekaligus sebagai wajib pungut atas Pajak Hotel diminta untuk menyampaikan Jumlah Pajak yang dititipkan oleh Konsumen sebesar 10 % atas jasa dan layanan yang diberikan untuk diteruskan ke Pemerintah Kota kendari. Besaran pajak Hotel ini sesuai dengan Perda Kota Kendari Nomor 3 tahun 2020 tentang Pajak Hotel adalah sebesar 10 %, yang meliputi Pelayanan Kamar, Bungket, loundry dan fasilitas pendukung lainnya. Kecuali fasilitas hiburan dan permainan dikenakan pajak 25 % dari harga pelayanan”.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Yusuf Jato, SIP., M.Si., CGAA, Inspektur Pembantu Wilayah 2 selaku tim pendamping, menambahkan bahwa, Kota Kendari adalah Kota Jasa perdagangan, yang sumber Pendapatan Asli Daerah berasal dari Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Olehnya itu, pemerintah daerah senantiasa berupaya untuk menggali sumber-sumber PAD guna membiayai pembangunan didaerah ini. Untuk memperoleh gambaran yang riil dilapangan, kami ditugaskan untuk mendampingi Tim Bapenda guna memastikan potensi Pajak Daerah yang ada telah sesuai dengan kondisi riil dilapangan dan bila perlu ditingkatkan melalui Intensifikasi pajak Daerah.

Kegiatan yang menyambangi beberapa Lokasi Wajib Pajak dalam wilayah Kota Kendari yang dinilai mempunyai potensi yang cukup memadai sehingga perlu dilakukan pembinaan dan pemantauan secara terus menerus sehingga Wajib Pajak menunaikan kewajiban Perpajakannya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ketua Tim Pemeriksa Wismoyo Yusuf Djalil, menambahkan, Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 15 hari kerja, dengan menggunakan metode Wawancara, uji Dokumen, dan metode lainnya guna memperoleh simpulan dan rekomendasi yang akan disampaikan kepada Wajib Pajak diakhir pemeriksaan. Kegiatan ini telah diawali dengan penyampaian Surat Pemberitahuan kepada Wajib Pajak tentang Pelaksanaan Pemeriksaan Lapangan, dan hari ini dilakukan Komunikasi secara langsung kepada Wajib Pajak untuk membahas hal-hal yang dibutuhkan dalam pemeriksaan Pajak, ditambahkan oleh Wismoyo.

(Admin_Irban2)