Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin Irban 2

Inspektorat Kota Kendari Laksanakan Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Paksi Sultra

Sahabat IKK,

Bertempat di Aula Integritas Inspektorat Kota Kendari, dilaksanakan rapat koordinasi dan konsolidasi forum penyuluh antikorupsi (Paksi) Provinsi Sulawesi Tenggara pada hari Senin, tanggal 14 Maret 2022.

Kegiatan dibuka dengan penyampaian sepatah kata tuan rumah penyelenggaraan kegiatan oleh Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, S.E., Ak., M.S.A., CGAA, CGCAE, dilanjutkan dengan sambutan inisiator forum Paksi Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Mohamad Abas, M.Si., dan disusul dengan sambutan ketua satuan tugas sertifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi Komisi Pemberantasan Korupsi (LSP-KPK) yang disampaikan secara daring melalui 'Zoom' oleh M. Rofie Hariyanto.

Hadir mengikuti kegiatan tersebut secara luring adalah para penyuluh antikorupsi atau lazim disebut dengan panggilan master yang telah bersertifikat penyuluh melalui proses penilaian yang dilakukan oleh LSP-KPK antara lain, Master Sahlan dari LSP-KPK, Master Syarifuddin dari Inspektorat Kota Kendari, Master Abas dari Universitas Halu Oleo, Master Andi Agus Zakaria dari Inspektorat Kabupaten Kolaka Utara, Master Ikbal dari Inspektorat Kabupaten Bombana, dan Master Sophian dari Inspektorat Kota Kendari.

Selain dihadiri secara luring, kegiatan tersebut juga dihadiri secara daring oleh beberapa penyuluh antikorupsi di Provinsi Sulawesi Tenggara antara lain, Master Tini dari Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kota Kendari, Master Irwan dari Inspektorat Kabupaten Konawe Utara, Master Andre dari Inspektorat Kabupaten Konawe Kepulauan, dan Master Bertua dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kendari. Selain itu, turut dihadiri secara daring juga oleh beberapa perwakilan LSP-KPK antara lain, Master Hadi, Master Nadya, Master Ripa’i, dan Master Indah.

Rapat koordinasi dan konsolidasi forum Paksi Provinsi Sulawesi Tenggara Sulawesi Tenggara membahas beberapa hal antara lain, perlunya setiap kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara memiliki aturan tentang pendidikan anti korupsi, dengan salah satu isi pasal didalam peraturan tersebut menyebutkan pemberdayaan penyuluh antikorupsi, dimana saat ini aturan tentang pendidikan antikorupsi dimiliki oleh Kota Kendari dan Kabupaten Bombana. Hal lain yang dibahas juga tentang peningkatan jumlah penyuluh antikorupsi di Sulawesi Tenggara, para penyuluh antikorupsi diharapkan berkoordinasi dengan BPSDM dan Inspektorat Provinsi Sulawesi Tenggara untuk dapat menyelenggarakan bimbingan teknis dan sertifikasi penyuluh anti korupsi melalui jalur pengalaman.

Hal-hal yang dibahas tersebut, diimplementasikan dengan menyusun agenda dan program kerja penyuluh antikorupsi ditempat para penyuluh antikorupsi bekerja, antara lain, di unit kerja di pemerintah daerah, disekolah, di kampus, termasuk meningkatkan jejaring untuk melakukan penyuluhan Pendidikan antikorupsi di organisasi kepemudaan dan berkolaborasi dengan sekolah untuk membuat sekolah binaan antikorupsi.

Rapat koordinasi ditutup dengan kesepakatan para penyuluh antikorupsi untuk dikukuhkan secara resmi sebagai forum Paksi Provinsi Sulawesi Tenggara pada kegiatan monitoring capaian kinerja program koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi (korsupgah) KPK yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2022.

Pergi ke Wakatobi melihat karang,

Lautnya indah dan bersih,

Walaupun jumlah kami kurang,

PAKSI Sulawesi Tenggara siap beraksi.

#Master siap beraksi: jujur, kompeten, dan berdaya!

Galeri Foto: