Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin Irban 2

Inspektorat Kota Kendari Goes to Inspektorat Makassar!

Sahabat IKK,

Inspektorat Kota Kendari yang dipimpin Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, S.E., Ak., M.S.A., CGAA, CGCAE bersama Irban Wilayah II, Muhammad Yusuf Jato dan Irban Investigasi, Mulyadi Muntu, S.T., M.Si, bersama fungsional Inspektorat Kota Kendari mengadakan pertemuan ke Inspektorat Kota Makassar pada Kamis, 8 September 2022, yang disambut langsung oleh Inspektur Kota Makassar, Andi Asma Zulistia Ekayanti S.E., M.M.

Dalam pertemuan yang diadakan di ruang rapat Inspektorat Kota Makassar tersebut, kedua pihak berharap dapat saling sharing pengetahuan dan pengalaman selama melaksanakan tugas-tugas pengawasan dan menggali hal-hal baru yang dapat diimplementasikan di unit kerja masing-masing. Salah satunya upaya optimalisasi PAD dan Manajemen Aset yang telah dilakukan Pemerintah Kota Makassar, di mana hal tersebut termasuk dalam area intervensi Program Pencegahan Korupsi KPK RI yang menjadi salah satu bahan diskusi dalam pertemuan kali ini.

Inspektur Kota Makassar, Andi Asma Zulistia Ekayanti, mengatakan bahwa keberhasilan capaian MCP Korsup tidak terlepas dari dukungan dari kepala daerah dan sinergi dari seluruh pihak guna meningkatkan potensi daerah khususnya pelayanan dan PAD. Peningkatan PAD yang ditunjang dari beberapa item pendapatan untuk mewujudkan target penerimaan Kota Makassar dengan tagline #Menuju PAD 2 Trilyun. Namun, dalam pelaksanaannya memerlukan dukungan semua stakeholder Kota Makassar, jelas perempuan yang akrab dipanggil Eka tersebut.

Lebih lanjut, Syarifuddin menyampaikan bahwa Kota Makassar dan Kota Kendari memiliki karakteristik yang hampir sama namun terdapat perbedaan demografi dan jumlah OPD yang melayani masyarakat. "Dengan dukungan dari Walikota Kendari H. Sulkarnain K, S.E., M.E., Pemerintah Kota Kendari telah membuat berbagai terobosan dan inovasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat seperti aplikasi E-Proksi dan New Laika. Inspektur Kota Makassar dapat membuat aplikasi serupa untuk pelayanan di Kota Makassar," ujar pria yang gemar berolahraga badminton tersebut.

Di sela-sela pertemuan tersebut, Syarifuddin bersama rombongan meluangkan waktu untuk melihat-lihat kondisi dan keadaan kantor Inspektorat Kota Makassar yang dihiasi oleh aksara Makassar kuno, serta tata letak peralatan ruangan kerja, termasuk pengelolaan arsip Inspektorat Kota Makassar.

Di tempat terpisah, dilakukan kunjungan ke Sekretariat DPRD Kota Makassar untuk melakukan konsultasi terkait mekanisme perencanaan dan penganggaran serta pelaksanaan pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK maupun APIP. Pertemuan dipimpin langsung oleh Sekretaris DPRD Kota Makassar Bapak H. Dahyar dan para Pejabat Eselon III di ruang rapat Sekwan DPRD Kota Makassar.

Dahyar menjelaskan, untuk pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK dan APIP menjadi perhatian dari Pimpinan DPRD Kota Makassar, dan untuk menjamin data PTL tersebut tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, maka Setwan DPRD Kota Makassar akan memberlakukan validasi data setiap dokumen keluar agar diketahui siapa orang yang bertanggung jawab bila terdapat kebocoran data. Hal ini sangat penting mengingat bisa saja temuan dijadikan alat bargening oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh pejabat fungsional auditor diantaranya Erwan Hariyanto, S.H., Nurmalasari, S.E., Indha Novitasari, S.E.,M.M, dan Kasubag Umum Inspektorat Kota Kendari.

#sniper