Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Irban I

Ikuti Bimtek Audit Kinerja Tim Irban Wilayah I Menilai 1K dan 3E

Sahabat IKK,  Sesuai Peraturan Pemerintah No 60 tahun 2008 Pasal 11, salah satu Peran APIP adalah memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan dan 3E (Ekonomis, Efisien, Efektif)  pelaksanaan tugas dan fungsi instansi Pemerintah. Ekonomis berarti meminimalkan biaya perolehan input yang akan digunakan dalam proses, dengan tetap menjaga kualitas dan standar yang diterapkan, sedangkan Efisien apabila mampu menghasilkan output maksimal dengan jumlah input tertentu atau menghasilkan output tertentu dengan memanfaatkan input minimal serta Efektif berarti output yang dihasilkan telah memenuhi tujuan yang ditetapkan

Sehingga untuk meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan penugasan Audit Tim Irban Wilayah I mengikuti BIMTEK Audit Kinerja Lingkup Inspektorat Kota Kendari yang diselenggarakan Oleh BPKP Perwakilan Sulawesi Tenggara yang bertempat di Hotel Azizah dari Tanggal 14 s.d 17 Oktober 2021.

Pada Hari  Ke-2 Tim Irban Wilayah I diberikan kesempatan memaparkan hasil audit Kinerja terhadap salah satu Obrik yaitu RSUD  dalam pemaparan ini Tim Irban wi.I mendapat masukan dari Tim BPKP.  Pak Wira (Auditor Muda BPKP Prov Sultra) Mengatakan  bahwa “Pedoman penilaian Kinerja BLUD bidang layanan kesehatan telah diatur dalam Peraturan Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia nomor :  PER-36/PB/2016 yang didalamnya memuat aspek dan indikator penilaian kinerja BLUD yang meliputi; 1. Penilaian indikator pada aspek keuangan, dan 2. Penilaian indikator pada aspek pelayanan, yang didalammya termuat 3E dan 1K.

Yustin Arman , Selaku Pengendali Teknis dalam Penugasan ini menyampaikan bahwa “Audit kinerja dimulai dari perencanaan yang didalamnya memuat keselarasan antara visi misi Kepala Daerah yang tertuang dalam program prioritas RSUD, dimana program maupun kegiatan, indikator kegiatan program, indikator kinerja kegiatan harus selaras mulai dari RPJMD, RENSTRA, RENJA, Perjanjian Kinerja dan  DPA, kemudian dilanjutkan ketahap Pelaksanaan dan Komunikasi hasil Audit”ungkapnya.

Hal Senada Irban Wilayah I “Ridha W.Nappu” menuturkan bahwa Program Upaya Kesehatan Masyarakat pada RSUD ini sejatinya  merupakan harmonisasi dan implementasi dari Misi Pemerintah Kota Kendari yaitu Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat . guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mencerdaskan masyarakat sehingga mempunyai kualifikasi sebagai manusia yang berkualitas dan dapat mengaktualisasikan dirinya di Masyarakat.

lanjutnya pula, “audit kinerja oleh APIP diharapkan dapat memberikan masukan perbaikan terhadap Tata Kelola, risiko, dan kepatuhan pengelolaan program strategis Pemda” tutupnya.