Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : admin_irves

Hermawansyah: Jadikanlah APIP WBS Sebagai Teman

Sahabat IKK, Tim Irban Investigasi Inspektorat Kota Kendari terus memperkenalkan salah satu layanan yang diinisiasi oleh Mulyadi M., selaku Irban Investigasi yakni APIP WBS. Kegiatan hari ini, Jumat (22/07/22) dilaksanakan pada Puskesmas Puuwatu dan Puskesmas Labibia.

Bertempat di aula Puskesmas Puuwatu, Pejabat Fungsional PPUPD Muda, Hermawansyah mengajak peserta untuk menjadikan APIP WBS sebagai teman dan bukan dijadikan musuh.

“Jadikanlah APIP WBS sebagai teman, artinya dengan adanya layanan aduan ini bagaimana dapat mengarahkan kita untuk bekerja sesuai dengan ketentuan yang ada,” ujarnya.

Lebih lanjut Hermawansyah menyampaikan, agar tidak takut melapor jika ada hal-hal yang tidak sesuai ketentuan karena dengan APIP WBS identitas pelapor terjaga kerahasiaannya.

“Setiap aduan yang masuk tidak serta merta langsung dilakukan pemeriksaan. Ada prosedur-prosedur yang harus dilakukan. Kami terlebih dahulu akan melakukan telaah atas aduan yang masuk. Setelah dilakukan telaah, kemudian akan diputuskan apakah akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut atau tidak,” jelas Hermawansyah.

Perlu diketahui bahwa layanan APIP WBS yang ada dalam aplikasi eProksi memiliki tujuan untuk menyediakan saluran pengaduan yang mudah diakses oleh siapapun dan dimanapun, membantu tim WBS menanggapi dan menindaklanjuti aduan, mewujudkan prinsip-prinsip WBS, untuk memudahkan pelapor mengetahui status aduan, dan menjaga kerahasiaan Pelapor.

Pada kesempatan tersebut juga, Indha Novitasari Yusran selaku Fungsional Auditor Pertama memperkenalkan seluruh layanan yang ada dalam aplikasi eProksi.

Kepala Puskesmas Puuwatu dr. Fatma Ayunita, menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan tim Irban Investigasi ini.

"Dengan adanya sosialisasi dari Inspektorat ini, saya rasa sangat baik sekali karena memberikan penjelasan langsung kepada staf yang selama ini kami hanya tahu sekilas saja. Dengan adanya sosialisasi kami lebih paham secara mendalam bagaimana secara teknis melakukan pengaduan-pengaduan,” ujar Fatma.

Orang nomor satu di Puskesmas Puuwatu ini juga mendukung tujuan baik dari adanya layanan APIP WBS.

“Tujuannya sangat baik, terutama dalam usaha peningkatan mutu pelayanan terutama kami yang melakukan pelayanan. Jika ada masukan atau aduan, kami dapat memperbaiki lagi pelayanan," pungkasnya.

Di tempat berbeda, Kepala Puskesmas Labibia, Asmawati, mengapresiasi layanan yang dihadirkan oleh Inspektorat ini. Beliau menyatakan, bahwa layanan ini sangat memudahkan dalam melakukan pengaduan tanpa harus datang ke Inspektorat.

Diketahui, tim Irban Investigasi juga mengajak peserta untuk menggunakan aplikasi New Laika milik Pemerintah Kota Kendari yang didalamnya berisi berbagai layanan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.