Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin Irban 2

Giat Paksi Sultra, Ketua Forum Paksi Sosialisasi Melalui RRI Kendari

Sahabat IKK,

Forum penyuluh antikorupsi telah dikukuhkan tanggal 23 Maret 2022, dan mulai melaksanakan aksi-aksi berupa sosialisasi organisasi Paksi dan edukasi antikorupsi ke masyakarat. Salah satu bentuk sosialisasi tersebut dilakukan oleh Paksi Sulawesi Tenggara melalui media RRI Kendari pada kanal Pro 1, Kamis, 24 Maret 2022.

Master Syarifuddin, Inspektur Kota Kendari, selaku ketua forum Paksi Sulawesi Tenggara, hadir dalam dialog khusus 'Lintas Sultra Pagi' di RRI Kendari bersama fungsional dari direktorat pembinaan peran serta masyarakat KPK RI, Master Dion Hardika, dan wakil manajer bidang sertikasi LSP KPK RI, Master Hadi Gunawan, membahas pengenalan penyuluh antikorupsi dan pemberdayaan peran serta masyarakat dalam pemberantasan korupsi berupa kiat-kiat dan aksi pencegahan korupsi, serta upaya peningkatan jumlah penyuluh antikorupsi mencetak tunas-tunas bangsa yang berkomitmen bekerja dengan integritas.

Master Syarifuddin menyampaikan bahwa korupsi adalah kejahatan luar biasa, sehingga penangannya juga dilakukan dengan tidak biasa. Forum penyuluh antikorupsi Sulawesi Tenggara membantu dari sisi pencegahan, memberi pendidikan mengenai antikorupsi dan dampak korupsi terhadap kemajuan daerah dan negara, serta upaya-upaya yang dilakukan dalam mencegah korupsi sejak dini.

Master Syarifuddin juga menyampaikan bahwa penyuluh antikorupsi bukanlah penyuluh antikorupsi KPK RI, namun penyuluh antikorupsi Republik Indonesia. Para penyuluh antikorupsi berkhidmat kepada negara, tak dibayar dalam bekerja, memiliki peran strategis didaerah dalam upaya mengimplementasikan pendidikan antikorupsi di semua lapisan masyarakat, baik ASN, dunia usaha, sektor pendidikan, komunitas, jejaring, bahkan berkontribusi bagi pemerintah daerah untuk membantu kepala daerah bersosialisasi kepada ASN, menyampaikan kepada unit kerja untuk berintegritas, tidak melakukan penyimpangan dalam mengelola keuangan daerah demi kemajuan dan akselerasi daerah itu sendiri.

Penyuluh antikorupsi bukan mata-mata KPK RI, tetapi mata batin pimpinan di daerah untuk berikhtiar tetap berada dijalur yang benar, mata dan hati masyarakat untuk merajut dan melahirkan tunas-tunas pemuda, pendidik, pengusaha, petani, pedagang, pun ASN yang berintegritas, sehingga mimpi Indonesia bebas dari korupsi tahun 2045 dapat dicapai bersama, yang imbasnya adalah kemajuan Indonesia untuk setara dengan negara-negara maju lainnya karena penduduknya sadar untuk tidak korupsi. Kita bangga melihat negara yang maju karena penduduknya sadar untuk tak korupsi, dan kita bisa memulai dari diri kita sendiri untuk hal-hal yang kecil.

Master Hadi Gunawan Siahaan dari LSP KPK RI, menyampaikan bahwa penyuluh antikorupsi adalah penyuluh yang anti terhadap korupsi, dimana dirinya sendiri seharusnya merupakan contoh pribadi yang antikorupsi dan turun ke masyarakat memberi edukasi terkait antikorupsi, karena masyarakat sebenarnya kadang menjadi korban korupsi sekaligus juga menjadi pelaku korupsi. Penyuluhan yang dilakukan tidak harus secara resmi, bisa secara informal, melalui media sosial, apalagi di masa pandemi saat ini diawal tahun 2022.

Master Dion dari direktorat pembinaan peran serta masyarakat KPK RI menyampaikan bahwa Paksi dibentuk sebagai pembawa pesan ke masyarakat dengan kearifan lokal didaerah masing-masing untuk memberi kesadaran masyarakat tentang antikorupsi. Penyuluh antikorupsi bekerja dijalan kenabian, tanpa dibayar, dengan tugas mulia untuk memberi pemahaman masyarakat tentang antikorupsi. Setiap penyuluh antikorupsi tidak membawa nama KPK RI, tidak bekerja untuk KPK RI, bukan penyuluh KPK RI, namun penyuluh antikorupsi Republik Indonesia.

Master Dion menambahkan bahwa sertifikasi kompetensi penyuluh antikorupsi yang diselenggarakan oleh Pusat Edukasi Antikorupsi KPK RI, merujuk kepada Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI nomor 303 tahun 2016 tentang penetapan SKKNI penyuluh antikorupsi dengan standar penyuluhan terstandardisasi oleh KPK RI.

Pergi bertarung di medan perang,

Jangan lupa memakai baju besi,

Setelah di-SK-kan dan dikukuhkan,

Master Paksi Sultra siap beraksi.

Jujur, Kompeten, Berdaya!