Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Irban III

Entry Meeting Tim BPK-RI, Pemeriksaan Rinci di Pemerintah Kota Kendari Dimulai

Sahabat IKK, Pemeriksaan atau audit rinci Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dilakukan terhadap penyelenggaraan keuangan Pemerintah Kota Kendari.

Pemeriksaan rinci dilaksanakan setelah audit pendahuluan yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Dimulainya pemeriksaan rinci (Entry meeting) disampaikan oleh Ketua Tim Sudarmadi kepada Inspektur Kota Kendari Syarifuddin, S.E, Ak.,M.S.A, CGAA,CGCAE mewakili Pemerintah Kota Kendari yang berlangsung di Aula Integritas Inspektorat Kota Kendari Senin, 28 Maret 2022.

Sudarmadi menyampaikan empat tujuan pemeriksaan rinci yang dilakukan yaitu Laporan Keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Kecukupan Pengungkapan, Sistem Pengendalian Intern, dan Menguji Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Kemudian berkaitan dengan informasi yang tidak ditemukan secara langsung dalam laporan keuangan, ditambahkan oleh Sudarmadi “apabila ada informasi yang diketahui dan bisa berdampak terhadap laporan keuangan, dapat disampaikan secara langsung kepada Tim Pemeriksa BPK-RI”.

Mewakili Pemerintah Kota Kendari, Inspektur menyampaikan hal-hal yang sudah dilakukan dan diungkapkan dalam Laporan Keuangan yaitu sistem pengendalian internal dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan juga akan terus melakukan evaluasi, dengan harapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Kendari, kualitasnya akan semakin baik.

Disampaikan juga oleh Syarifuddin “Permintaan data dan pendampingan akan di fasilitasi oleh Pemerintah Kota Kendari dalam pemeriksaan Rinci”. Pelaksanaan audit rinci oleh BPK RI Perwakilan Sultra direncanakan akan dilakukan selama 25 hari dimulai pada tanggal 28 Maret 2022.

Entry meeting  BPK RI Perwakilan Sultra selain dihadiri oleh Inspektur Kota Kendari dan KetuaTim BPK-RI beserta Tim Pemeriksa, juga diikuti oleh Pejabat Struktural Lingkup Inspektorat dan BKAD Kota Kendari. (Ra-3)