Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Irban III

DTI-CX Sinergikan Transformasi Digital di Daerah

Sahabat IKK, Kadis Kominfo dan Inspektur Kota Kendari mengikuti kegiatan Digital Transformation Indonesia Conference and Exhibition (DTI-CX) yang berlangsung di Assembly Hall Jakarta Convention Center - Senayan pada Kamis (3/8/2022).

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama antara Asosiasi Diskominfo Provinsi seluruh Indonesia (ASKOMPSI) dengan PT. Adhouse Clarion Event, menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo pada Program Konektifitas Digital Nasional di Istana Negara tahun yang lalu, sebagai bentuk komitmen dalam mendorong percepatan transformasi digital di daerah.

Tema yang diangkat dalam konferensi dan expo tahun ini adalah "Menyinergikan Transformasi Pelayanan Publik, Pelaku Bisnis dan Masyarakat" yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 3 s.d. 4 Agustus 2022.

Drs. Fadlil Suparman, M.Si dalam kesempatan wawancara dengan media yang meliput pada Opening Ceremony menjelaskan bahwa kegiatan ini memberikan inspirasi bagi jajaran Pemerintah Kota Kendari terkhusus bagi Dinas Komunikasi dan Informatika dalam mencapai visi mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni yang berbasis ekologi, informasi dan teknologi. Lebih lanjut Fadlil menjelaskan bahwa transformasi digital terhadap pemberian layanan publik adalah proses utama dari Sistem Penyelenggaraan Berbasis Elektronik (SPBE) yang sedang dibangun dan terus di kembangkan di Pemerintah Kota Kendari.

"Saat ini kita punya aplikasi LAIKA versi terbaru yang diinisiasi oleh Wali Kota Kendari Bapak H. Sulkarnain Kadir beserta seluruh jajaran OPD, Kecamatan dan Kelurahan lingkup Pemerintah Kota Kendari, untuk pemberian layanan publik secara digital, bertransformasi dari pelayanan secara manual menuju pelayanan secara digital (online)" ungkap Fadlil yang dikenal sebagai Kadis yang ramah dengan para awak media ini.

Sejalan dengan hal tersebut, Inspektur Kota Kendari Syarifuddin, SE, Ak., MSA, CGAA, CGCAE menambahkan bahwa digitalisasi transformasi pelayanan publik mendorong aparatur pemerintah bekerja lebih efisien dan efektif serta memudahkan bagi masyarakat pengguna layanan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Kendari. Disamping efisiensi waktu, biaya dan tenaga; pemberian layanan secara digital juga mencegah terjadi praktik suap, pungli dan gratifikasi. Mengurangi diskriminasi dalam pemberian layanan administrasi pemerintahan, serta merupakan perwujudan visi berbasis teknologi informasi.

Kegiatan DTI-CX ini juga dibarengi dengan expo para pelaku usaha di bidang teknologi informasi, media, promosi digital, termasuk teknologi robotik dan metaverse.

Pada kesempatan kunjungan ke stand expo, Inspektur Syarifuddin berdiskusi serius dengan penyedia layanan zoom one yang berkolaborasi dengan Logitech, yang memamerkan teknologi kamera zoom terbaru yang terintegrasi dengan tampilan gambar yang jernih dan sensor gerak pada pembicara.

Selanjutnya Inspektur yang tertarik dengan dunia digital ini mencoba kemampuan robot "TEMI" yang mampu menggantikan peran pegawai front office memberikan layanan informasi kepada pengunjung serta robot ini bisa mengantar dan mengikuti pengguna layanan sesuai dengan perintah yang diberikan. Biaya investasi robot ini sekitar Rp150juta sudah termasuk hardware dan software dengan garansi 1 tahun, cukup di charger selama 2 jam, mampu beroperasi selama 8 jam.

Sudah saatnya seluruh pelayanan publik di daerah juga bertransformasi digital, dengan bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh pihak, baik pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat; Kendari Sukses Masyarakat Sejahtera.