Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin

Cerita Inspektur Tentang Inovasi

Sahabat IKK, Pernah berpikir apa Inovasi kamu ? Sesungguhnya dalam naluri manusia, berinovasi merupakan satu hal yang kita inginkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun seringkali, kita merasa bahwa kita tidak bisa kreatif karena faktor-faktor di luar kendali. Entah itu karena kita enggan mengambil risiko (bermain aman) sehingga muncul perasaan mustahil untuk berinovasi.

Pernah suatu ketika seseorang bertanya kepada saya, apa itu inovasi?
Lalu saya jawab “Inovasi itu sederhananya adalah berbuat sesuatu yang merubah menjadi lebih baik dan juga bermanfaat, setidaknya bermanfaat bagi diri sendiri, bagi keluarga, teman-teman, bagi kelompok tertentu, bagi organisasi, bagi daerah, bagi bangsa dan Negara bahkan bagi dunia".

Contoh kecil, seorang anak memasang alarm pada hapenya untuk bangun pagi, bagi saya itu sudah termasuk inovasi untuk dirinya dalam cara bangun pagi.


Dalam keluarga saya, sejak kecil kami selalu diperlihatkan inovasi, dahulu Almarhum bapak saya pernah membuatkan saya tas sekolah dari bekas karung terigu sedang kakak saya dibuatkan dari bekas tempat shutlecock, karena saat itu Bapak tak mampu membelikan kami tas sekolah seperti anak-anak yang lain.

Tidak hanya itu Almarhum Bapak saya juga pernah mencat sepatu saya dengan warna hitam agar terlihat seperti baru, karna kami diharuskan pihak sekolah saat itu memakai sepatu berwarna hitam.


Secara tidak sadar, Almarhum bapak telah mengajarkan kami untuk berinovasi dari hal-hal yg kecil. Melihat peluang saat tidak ada orang lain yang bisa. Semakin kita mempraktekkannya, akan semakin mudah pola berpikir kita. Semakin banyak inovasi yang dibuat, maka semakin menjadi bagian dari pekerjaan kita sehari-hari (Budaya).

Yang utama inovasi itu adalah bagaimana melatih diri untuk berbuat sesuatu, berubah menjadi ke arah yang lebih baik dan bermanfaat. Bahkan menulis status dimedsos dengan hal-hal baik itupun sudah termasuk inovasi, setidaknya daripada hanya menulis status-status mengeluh saja. Atau paling sederhananya mengedit gambar sehingga kelihatan menjadi lebih baik dan enak dipandang, itu juga sudah inovasi.

Berkomitmen terhadap inovasi membutuhkan keberanian dalam menerapkannya. Tindakan kamu kemungkinan akan menginspirasi orang lain untuk bergabung dalam tim kamu. Jadi mari kita tumbuhkan semangat berinovasi, dalam segala hal. (egov_Creative)