Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : admin_irves

Cegah Pungli di Masyarakat, UPP Kota Kendari Sasar RT dan RW pada Kelurahan Wuawua

Sahabat IKK, Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Kendari kembali melakukan sosialisasi sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) yang menjadi kegiatan rutin tim UPP dalam mencegah terjadinya pungli. Sosialisasi kali ini menyasar 29 RT dan 7 RW yang ada di Kelurahan Wuawua, Senin (21/3/2022).

Dengan adanya kegiatan sosialisasi, diharapkan dapat mencegah terjadinya pungli di lingkungan masyarakat, mengingat RT dan RW yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Selain itu, sosialisasi dirangkaikan dengan pengenalan aplikasi New Laika.

Ketua UPP Kota Kendari Kompol Alwi, S.Ag., yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, pungli erat kaitannya dengan moral dan cara pandang kita terhadap perilaku pungli itu sendiri.

Alwi mengatakan, jika pungli dianggap baik tentu ada konsekuensi hukum sebagai warga negara dan konsekuensi hukum yang berlaku di tengah masyarakat.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang e-Gov Dinas Kominfo Wawan Astanto, S.Sos., M.Si., menyampaikan terkait aplikasi New Laika dan fitur apa saja yang ada di dalamnya.

Wawan menyampaikan, pentingnya masyarakat untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi New Laika karena mempermudah segala urusan baik yang berkaitan dengan kependudukan, kesehatan, perizinan, pajak, maupun kebersihan lingkungan.

Camat Wuawua yang melihat langsung jalannya sosialisasi berharap, apa yang disampaikan oleh pemateri dapat dipahami dan diaktualisasikan. Selain itu, Camat Wuawua juga berharap, informasi yang didapat dapat disampaikan kepada teman-teman yang lain.

Sementara itu, Irban Investigasi Mulyadi M., S.T., M.Si., berharap dengan adanya aplikasi New Laika segala pengurusan dapat sesuai dengan prosedur dan tidak terjadi pungli.

Diketahui kegiatan sosialisasi akan dilakukan pada tujuh kelurahan yang ada di Kota Kendari.