Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : admin_sekretariat

BPKP Perwakilan Provinsi Sultra, Sosialisasi Continous Assassment Continous Monitoring Ke Inspektorat Kota Kendari

Sahabat IKK, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), melakukan kunjungan ke Inspektorat Kota Kendari dalam rangka Sosialisasi Proyek perubahan Kepala Perwakilan BPKP, Nani Ulina Kartika Nasution, S.E, M.Ak, CA, CRMP

Sosialisasi yang bertemakan "Continous Assassment Continous Monitoring (CACM) atas program penjaminan dan peningkatan kualitas APIP se - Sulawesi Tenggara" ini disambut oleh Inspektur beserta jajaran di aula integritas Inspektorat Kota Kendari, Kamis (21/10/21).

Terkait Proyek perubahan tersebut, Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin SE, Ak., MSA mengatakan, sangat senang dan bersyukur dengan Proyek Perubahan Kepala Perwakilan BPKP. Menurut Inspektur, Inilah kebutuhan APIP .

" Seperti yang dijelaskan tadi, mulai dari Perencanaan, Penyusunan PKP sampai kepada proses tindaklanjut semua telah memiliki standar. Olehnya, kami beryukur Alhamdulillah semua akan kami penuhi, sebab ini memang menjadi kebutuhan kita,"Ungkap Inspektur.

Sementara Kepala Perwakilam BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara, Nani Ulina Kartika Nasution saat memberikan materi mengatakan, Implementasi pedoman tersebut berjalan melalui suatu sistem yang menuntun bisnis proses pengawasan intern agar sesuai dengan Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia (SAIPI).

"Tujuanya, Sebagai acuan dalam pelaksanaan penilaian kesesuaian antara kegiatan pengawasan intern dengan kode etik dan SAIPI, serta memberikan masukan perbaikan bagi pengawasan intern serta pemantauan atas pelaksanaan perbaikannya,"Terang Kepala BPKP Perwakilan Sultra.

Terkait Kapabilitas APIP, Kepala Perwalilan BPKP Sultra, Nani Ulina Kartika Nasution menjelaskan, Level 3 Kapabilitas APIP memiliki makna bahwa APIP harus memberikan perbaikan kinerja (Ekonomis, efisien, dan efektif), perbaikan governance Risk dan Control, mampu menangkal dan mencegah tindak penyimpangan terhadap ketentuan (Illegal act).

"Kami telah melakukan pengkajian terhadap 6  (enam) elemen kapabiltas APIP untuk kemudian dilakukan interpensi yang dapat mempengaruhi secara keseluruhan elemen.

"Kenapa program Penjaminan Dan Peningkatan Kualitas APIP kita sistem Intervensi, karena begitu kita melaksanakan ini, sebenarnya kapabilitas APIP nya otomatis,"Terangnya

Selain itu, Nani Ulina Kartika Nasution menjelaskan, agar peningkatan Kapabilitas APIP mampu memberikan outcome level 3, maka salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh APIP adalah menerapkan Program Penjaminan dan peningkatan Kualitas/Quality Assurance and Improvement Program (QAIP).

Di akhir materinya, kepala BPKP, Nani Ulina Kartika Nasution menjelaskan, Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia (SAIPI) Nomor 1300 tentang Program Penjaminan dan Peningkatan Kualitas, Pimpinan APIP harus mengembangkan, dan menjaga program penjaminan dan peningkatan kualitas yang mencakup semua aspek pengawasan intern.

Kegiatan di tutup dengan penyerahan foto dukungan APIP Inspektorat Kota Kendari atas proyek perubahan Kaper BPKP Prop Sultra.

Turut hadir dalam kegiatan seluruh pejabat struktural, Fungsional Madya dan Muda Lingkup Inspektorat Kota Kendari.