Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : admin_irves

Bersihkan Dunia Pendidikan Dari Pungli, Tim UPP Gencar Edukasi Kepala Sekolah di Kota Lulo

Sahabat IKK, Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Kendari terus melakukan Sosialisasi Saber Pungli di dunia pendidikan melalui Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP), Jumat (22/10/21).

Sosialisasi saber pungli yang dikhususkan kepada Kepala SD dan SMP dilaksanakan selama 3 (tiga) hari bertempat di Aula Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora).

Pihak Dikmudora berharap, dengan mengikuti kegiatan sosialisasi, peserta dapat meningkatkan pengetahuan, implementasi dan pengamalan tentang pentingnya Saber Pungli di unit atau lingkungan kerja masing-masing.

AIPTU La Ode Rufani, SH dalam materinya menjelaskan, bahwa pungli merupakan pengenaan biaya atau pungutan di tempat yang seharusnya tidak ada.

“Ini yang dimaksud bahwa, ada penarikan atau pembayaran yang tidak memiliki payung hukum dalam melakukan kegiatan penarikan,” ujarnya.

Lebih lanjut Tim Pokja Penindakan dalam struktur UPP Kota Kendari ini mengatakan, kegiatan sosialisasi gencar dilaksanakan mengingat dampaknya yang begitu besar dalam sektor kehidupan.

“Ekonomi atau biaya hidup akan lebih tinggi dengan adanya pungli ini, kemudian dapat juga menghambat pembangunan yang pada akhirnya masyarakat juga yang akan dirugikan,” ungkapnya.

Rufani juga berharap dengan adanya sosialisasi dapat menciptakan Kota Kendari yang bersih dari korupsi.

“Harapan kami sama dengan yang diharapkan Inspektur, sosialisasi dilakukan dalam rangka terciptanya pemerintahan yang bersih khususnya di Kota Kendari,” tambahnya.

Sementara Irban Investigasi (Irvest) Mulyadi M, ST., M.Si menyampaikan, bahwa sosialisasi dilakukan untuk mengingatkan batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan guna mencegah pungutan liar di Kota Kendari.

“Kami disini bukan untuk mengajar bapak/ibu tetapi untuk saling mengingatkan. Sebagaimana diatur dalam Keputusan Walikota Kendari No.258 tahun 2021, tentang pembentukan unit pemberantasan pungutan liar lingkup Pemerintah Kota Kendari” ungkapnya.

Lebih lanjut Irvest Mulyadi berharap dengan adanya sosialisasi dapat menumbuhkan nilai-nilai antikorupsi pada diri perserta. Berliau juga berharap, tidak bertemu dengan peserta dalam urusan pemeriksaan, namun untuk urusan konsultasi maupun sosialisasi.

Kepala SD Kartika Kota Kendari, Deminasi S.Pd merasa sangat senang dengan terselenggaranya kegiatan Sosialisasi Saber Pungli yang di gelar oleh Tim UPP, menurutnya kegiatan ini mengingatkan kepada pimpinan di masing - masing sekolah agar terhindar dari pungutan liar.

"Harapan kami mudah-mudahan semua ASN dan masyarakat lingkup Pemerintah Kota Kendari kedepannya dapat terhindar dari semua praktek Pungutan liar," harapnya.

Kegiatan berakhir dengan penyerahan Komitmen Memberantas Pungli dari Tim UPP kepada jajaran Kepala Sekolah di Kota Kendari.