Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : admin_irves

Bebaskan Kota Kendari dari Pungli, UPP Lakukan Sosialisasi

Sahabat IKK, Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Kendari terus mencegah terjadinya pungli dengan melakukan sosialisasi sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) dan pengenalan aplikasi New Laika.

Kegiatan yang menyasar 27 RT dan 9 RW pada Kelurahan Puuwatu digelar di Aula Kelurahan Puuwatu yang dihadiri oleh Camat Puuwatu dan Lurah Puuwatu, Jumat (25/3/2022).

Pejabat Fungsional Madya Inspektorat Kota Kendari, Drs. Nurwahid menyampaikan, RT dan RW merupakan garda terdepan dalam pembangunan daerah. Oleh karena itu, RT dan RW menjadi sasaran tim UPP dalam mencegah terjadinya pungli.

Irban Investigasi Mulyadi M., S.T., M.Si., yang menyampaikan terkait gratifikasi mengatakan, gratifikasi berawal dari hanya sekedar tanda terima kasih dan sah, kemudian berkembang menjadi kebiaaan perilaku dibawah sadar. Dari tanda terima kasih inilah yang dapat menimbulkan benturan kepentingan dan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan.

Oleh karenanya, Mulyadi mengajak RT dan RW agar menyampaikan kepada warga di masing-masing wilayah untuk tidak memberi jika melakukan pengurusan administrasi kependudukan. Sehingga, tidak ada lagi gratifikasi maupun pungli di lingkungan masyarakat.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan, Kota Kendari meluncurkan aplikasi New Laika.

Mulyadi menyampaikan, dengan adanya aplikasi New Laika, masyarakat tidak lagi bertatap muka dengan petugas sehingga menutup celah terjadinya praktik pungli.

Aplikasi yang merupakan inovasi dari Bapak Wali Kota ini dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam hal pengurusan administrasi kependudukan.

Camat Puuwatu mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang digelar oleh UPP Kota Kendari ini. Beliau menyampaikan, sosialisasi dilakukan untuk menjauhkan Kota Kendari dari suap, pungli, gratifikasi dan memutus rantai korupsi serta menghilangkan biaya yang tidak perlu.