Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Irban III

Assesor APIP Kota Kendari melaksanakan Telaahan Sejawat di "Bumi Patowonua"

Sahabat IKK, Inspektorat Daerah Kota Kendari melaksanakan Telaah Sejawat di Inspektorat Kabupaten Kolaka Utara. Pembukaan kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis (15/9/2022) di Aula Inspektorat Kabupaten Kolaka Utara oleh Inspektur Kolaka Utara Dr. Hj. A. Syamsuriani dan Inspektur Kota Kendari Syarifuddin, SE., Ak., M.S.A., CGAA., CGCAE bersama pejabat struktural dan fungsional di kedua instansi pengawasan tersebut. Telaah Sejawat merupakan kegiatan yang dilakukan  Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam rangka penjaminan dan pengembangan mutu Instansi tersebut yang dilaksanakan oleh instansi APIP lain.

Pada Kesempatan tersebut Inspektur Kolaka Utara memberi arahan “Kami harapkan saling memberi dukungan dan motivasi terkait problem dan permasalahan khususnya di Instansi Inspektorat Bumi “Patowonua” dengan inovasi-inovasi yang sudah dikembangkan di Kota Kendari.” Kemudian Inspektur Kota Kendari juga menjelaskan “Telaahan sejawat merupakan bagian Kapabilitas APIP, kita tidak saling memeriksa, tapi hal-hal yang kurang kita saling berbagi”

Sesuai Pedoman Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) ada empat tujuan dilakukannya Telaah Sejawat, yaitu: 1)Menjadi benchmarking bagi APIP lainnya. Sebagai bukti bahwa APIP mengikuti praktik terbaik yang berkembang secara internasional. 2)Mengetahui tingkat kesesuaian aktivitas dengan standar yang berlaku. 3)Menjamin bahwa aktivitas APIP mengikuti praktik yang sesuai dengan standar. dan 4)Sebagai bukti kepada Pemangku Kepentingan tentang kualitas APIP.

Kegiatan Telaah Sejawat di Inspektorat Daerah Kabupaten Kolaka Utara oleh Inspektorat Daerah Kota Kendari sebagai penelaah atau Assesor dimana sebelumnya juga telah dilakukan penilaian dari Inspektorat Daerah Kota Bau-Bau terhadap Inspektorat Kota Kendari. (Ra-3)