Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Sekretariat

APIP Kota Kendari Mantapkan Persiapan Penilaian Mandiri SPIP

Sahabat IKK, Dalam rangka penilaian efektivitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Pemerintahan Kota Kendari secara menyeluruh dan terintegrasi untuk mendukung peningkatan kinerja, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan Negara dan daerah, APIP menyelenggarakan rapat pra penilaian mandiri penyelenggaraan maturitas SPIP dan sebagai narasumber Satuan Tugas Penilaian Mandiri Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, berlangsung di Aula Integritas Inspektorat, Kamis (29/09/2022).

Rapat dibuka oleh Irban Investigasi Mulyadi M, S.T., M.Si selaku Pelaksana tugas Inspektur Kota Kendari dan dihadiri oleh Sekretaris Inspektorat, Eni Misni Arwati, S.E., M.Si, Irban Wilayah III Ratriyansyah Putra Halip, S.STP., M.Si, Irban Wilayah IV Asmini, S.E., M.Kes, Tim Satuan Tugas Penilaian Mandiri SPIP dan Tim Satuan Tugas Penilaian Mandiri Kapabilitas APIP.

Mulyadi menyampaikan bahwa SPIP ini merupakan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Irban Investigasi mengatakan keempat tujuan tersebut di atas tidak perlu dicapai secara khusus atau terpisah-pisah. Olehnya itu, instansi pemerintah tidak harus merancang secara khusus pengendalian untuk mencapai satu tujuan. Suatu kebijakan atau prosedur dapat saja dikembangkan untuk dapat mencapai lebih dari satu tujuan pengendalian. Olehnya itu melalui kegiatan ini Inspektorat dapat memberikan layanan assurance maupun consulting bagi OPD di lingkup Pemerintah Kota Kendari untuk lebih mengimplementasikan pengendalian risiko di unit kerja yang akan didampingi.

Sementara itu, Sekretaris Inspektorat Kota Kendari, Eni Misni Arwati, S.E., M.Si, Dalam pengantarnya menyampaikan sesuai dengan PP 60 Tahun 2008 terdapat beberapa Unsur SPIP yaitu Lingkungan Pengendalian, Penilaian Risiko, Kegiatan Pengendalian, Informasi dan Komunikasi serta Pemantauan Pengendalian Intern. Penilaian Mandiri juga dapat dikemas dalam 3 Pokok Utama meliputi Penilaian Penetapan Tujuan, Penilaian Struktur dan Proses serta Penilaian Pencapaian Tujuan. Adapun tujuan dilakukannya Penilaian Mandiri SPIP Lingkup Pemerintah Kota Kendari yaitu untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan Pemerintah Negara, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Fungsional Auditor Madya, Irawan Naim, S.E., M.M. selaku Narasumber Bimtek menyampaikan materi antara lain bagaimana membuat folder pada goole drive untuk setiap item Kertas Kerja yang diminta sebagai dokumen pendukung SPIP.  Dimana yang menjadi sampel adalah Penilaian Indikator sasaran strategis satker Inspektorat. Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman pada teman-teman yang akan melakukan pendampingan pada 31 Organisasi Perangkat Daerah yang akan dinilai SPIP nya oleh BPKP," jelasnya. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Auditor dan PPUPD perwakilan setiap Irban, Kasubag Umum dan Kepegawaian, Analis Perencana, Analis Kebijakan dan staf Sekretariat Inspektorat Kota Kendari.