Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Irban III

APIP Kota Kendari Bersinergi Prioritaskan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Sahabat IKK, Berlangsung di Gedung Pertemuan BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin (29/8/2022) Inspektorat Kota Kendari mengikuti Diseminasi/Sosialisasi Petunjuk Teknis Reviu Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Triwulan III Tahun 2022.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Plt. Kepala BPKP Perwakilan Sulawesi Tenggara, Wahyu Hartono sebagai langkah menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Turut memberikan arahan pada kegiatan diseminasi/sosialisasi tersebut Koorwas APD BPKP Perwakilan Sultra Saul Pabendon dan Auditor Arief S. Kasri terkait Koordinasi Pelaksanaan Reviu P3DN dan Pedoman Reviu Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Triwulan III Tahun 2022.

Program P3DN merupakan upaya Pemerintah untuk mendorong Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dengan  mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri pada pengadaan barang/jasa pemerintah yang akan berdampak terhadap memberdayakan industri dalam negeri, Produk Usaha Mikro, dan Usaha Kecil serta memperkuat struktur industri dalam negeri.

Peran APIP dalam pengawasan P3DN diantaranya melakukan reviu untuk meyakinkan bahwa Pengadaan Barang/Jasa telah memperhatikan pencapaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan penggunaan produk dalam negeri (PDN).

Kegiatan Diseminasi/Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Unsur Inspektorat Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Inspektorat Daerah Kabupaten dan Kota Se-Sultra, Biro/Bagian Pengadaan Barang Jasa Se-Sulawesi Tenggara, Mewakili Inspektur Kota Kendari Turut hadir Irban Wilayah II Muh. Yusuf Jato, S.IP, M.Si., CGAA dan Irban Wilayah III Ratriyansyah P.H., S.STP., M.Si. (Ra-3)