Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : admin_sekretariat

APIP Inspektorat mengikuti Rapat DPN AAIPI Secara Daring

Sahabat IKK, Mengangkat Tema Optimalisasi Peran dan kemanfaatan AAIPI dengan meningkatkan profesionalisme, kompeten, serta sinergi dan kolaborasi. Seluruh Auditor dan Pejabat Struktural Inspektorat mengikuti rapat kerja untuk Program kerja AAIPI Tahun 2021 yang dipimpin oleh Ketua Umum DPN AAIPI 2021-2024 Agustina Arumsari, Kamis (13/04/2022)

Asosiasi Auditor Internt Pemerintah Indonesia memiliki visi “Menjadi organisasi profesi terdepan dalam mendorong terwujudnya peran APIP yang profesional sebagai pemberi assurance dan consulting dalam mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan kinerja pemerintah pusat dan daerah”.

Berdasarkan visi tersebut maka tugas fungsi yang diharapkan berupa merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan kode etik auditor APIP, merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan standar audit, merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan pedoman telaahan sejawat di lingkungan APIP, memberi masukan dalam pengembangan metodologi, teknik, dan pendekatan-pendekatan pengawasan intern serta praktik pengawasan intern yang baik di lingkungan APIP dengan mengacu pada praktik internasional.

Memberi masukan dalam mewujudkan integritas, profesionalisme, dan kesejahteraan auditor guna mewujudkan peran APIP, dan melakukan kerjasama dengan organisasi profesi lain dalam lingkup nasional dan internasional. Disamping itu juga Layanan Manajemen Eksekutif menjadi Sinergi, Profesional dan Kompeten.

Adapun poin-poin strategi yang diharapkan yaitu mendorong peningkatan peran APIP yang efektif dan tanggap/proaktif, meningkatkan kerjasama yang bersifat sinergi secara serasi, seimbang, dan selaras baik antar APIP, antar auditor maupun dengan pemangku kepentingan terkait, melakukan terobosan program dan kegiatan AAIPI untuk mendukung pencapaian misi AAIPI.

Melakukan optimalisasi peran dan kemanfaatan AAIPI, termasuk peran DPW AAIPI untuk mendukung tata kelola pemerintahan di daerah dan melakukan pembinaan dan koordinasi dengan DPW AAIPI secara kontinu yang berkelanjutan.

Kegiatan rapat DPN AAIPI yang diawali dengan pendahuluan dan mendengarkan lagu Indonesia Raya, kemudian Penyampaian Arah Kebijakan dan Rencana Program Kerja AAIPI 2022 oleh ketua Umum DPN AAIPI dilanjutkan Pembahasan dan Masukan dari Komite-komite dan DPW AAIPI, dilanjutkan mendengarkan Mars, Himne dan Spirit AAIPI kemudian diakhiri juga sebagai penutup kegiatan dengan Simpulan dan Penetapan Program Kerja DPN AAIPI Tahun 2022 oleh Ketua Umum DPN AAIPI.