Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : admin_sekretariat

APIP Inspektorat Kota Kendari mengikuti Diklat JFA Auditor Ahli Pertama

Sahabat IKK, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara gelar Pelatihan Fungsional Auditor Ahli Pertama di Lingkungan APIP Wilayah Sulawesi Tenggara, dengan jumlah peserta 26 orang seluruh Kab/Kota. Pelaksanaan pelatihan dimulai dari 18 November 2022 sampai dengan 02 Desember 2022 dengan jumlah jam pelatihan 130 jam, bertempat di Same Hotel Kendari (18/11/2022)

Plt. Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Tenggara, Wahyu Hartono, saat membuka pelatihan Fungsional Auditor Ahli Pertama di Lingkungan APIP Wilayah Sulawesi Tenggara mengatakan bahwa Pelatihan diklat ini untuk meningkatkan peran APIP yang efektif, dikatakan efektif karena jika dilihat dari Pemerintah Daerah ada Kepala Daerah ada visi misi dan ada RPJMD dimana semuanya untuk menghasilkan kesejahteraan sosial, maka APIP sangat memiliki peran penting yaitu harus melakukan pengawalan yang dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban. APIP memiliki 3 peran yaitu perbaikan tata kelola earling warning , peningkatan efektifikas manajemen risiko dan keyakinan memadai atas ketaatan 3E.

"Adapun hubungan Kapabilitas APIP dengan SPIP Terintegrasi yaitu dimulai dari Dukungan pengawasan berupa pengelolaan SDM, praktik profesional, akuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya dan hubungan organisasi, struktur tata kelola. Aktifitas Pengawasan berupa Peran dan layanan yang terdiri dari Assurance dan Consulting. Kemudian Kualitas Pengawasan yang berupa keyakinan yang memadai atau ketaatan dan 3E, early warning system dan peningkatan efektivitas MR, dan Perbaikan tata kelola," ucap Plt. Kaper BPKP.

Lebih lanjut, Wahyu menyampaikan bahwa Berdasarkan beberapa unsur diatas memiliki tujuan organisasi yaitu efektivitas dan Efisiensi, Keandalan, pelaporan keuangan, Pengamanan Aset negara dan Ketaatan terhadap peraturan Perundang-undangan.

"Auditor kompeten bukan hanya dilihat dari knowladge dan skill akan tetapi harus memiliki attitude yang baik juga," Jelasnya.

Adapun peserta Diklat Fungsional Auditor Ahli Pertama APIP Inspektorat Kota Kendari yakni : Ishak Bafadal, S.ST, MT, Sutrisno, S.Si, Eris Kurniawan, S.Kom, Achamad Kaharuddin, S.Farm, Marlina Daeng Talu, S.Si, Hasria, S.Kom, Ranny Marismawanty, S.Pi., M.Si, Regina Nanda Pratamy, S.STP.