Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Inspektorat Kota Kendari
blog-img-10

Posted by : Admin

Inspektur Apresiasi Pencapaian Kota Kendari Sebagai Kota Layak Anak Kategori Nindya Tahun 2021

Sahabat IKK, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan penghargaan kepada Kota Kendari sebagai Kota Layak Anak (KLA) kategori nindya tahun 2021. Penghargaan ini disampaikan secara virtual di Aula Media Center Rujab Wali Kota Kendari, Kamis (29/7/2021).

Atas penghargaan yang dimotori oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tersebut, Inspektur Kota Kendari Syarifuddin, SE,Ak,MSA mengapresiasi capaian tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi dengan apa yg telah dicapai ini, kerja keras teman-teman dalam tim yang mempersiapkan dan mendorong terwujudnya kondisi Kota Kendari yang ramah anak khususnya di bidang pendidikan dan perhatian pada anak-anak generasi penerus bangsa" Ujarnya

Masih kata Inspektur "yang semuanya dibawah kepemimpinan Bapak Sulkarnain Kadir dan Ibu Siska Karina Imran, serta dukungan Ibu Sri Lestari dan Ibu Nahwa Umar. Semoga kerja keras selama ini memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Kendari, sebagai bagian dari pencapaian visi mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni berbasis Ekologi Informasi dan Teknologi."

Ditemui di ruang kerjanya Inspektur Pembantu (Irban) wilayah III, Ratriyansyah P.H, S.STP, M.Si menambahkan.

“Penilaian KLA didasarkan pada 24 indikator yang mencerminkan implementasi atas 5 klaster substantif Hak Anak, yang meliputi: Klaster 1, Pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak; Klaster 2, Pemenuhan hak anak atas lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; Klaster 3, Pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan; Klaster 4, Pemenuhan hak anak atas pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya; dan Klaster 5, Perlindungan khusus anak.

Ratriyansyah juga menjelaskan  "pelaksanaan KLA di daerah diberikan dengan 5 kategori, mulai dari kategori Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kabupaten/Kota Layak Anak, semoga tingkatan utama atau yang tertinggi bisa kita raih."

"Inspektorat Kota Kendari berdasarkan Perwali No. 38 Tahun 2016, akan terus mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan di bidang pengawasan, membina hubungan kerjasama dengan Instansi Pemerintah, Swasta dan Lembaga, Masyarakat, termasuk pencapaian Kota layak Anak.", lanjut mantan Kasubid. Pemerintahan Bappeda ini sekaligus mengakhiri komentarnya.